Bisnis15 September 2020 19:59

Menteri PUPR Cari 7 Mitra Kembangkan Jasa Konstruksi, Pendaftaran Dibuka Besok

Konten Redaksi kumparan
Menteri PUPR Cari 7 Mitra Kembangkan Jasa Konstruksi, Pendaftaran Dibuka Besok (1314)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus bersama Menteri PUPR Basuki meninjau banjir, Rabu (1/1/2020). Foto: Dok. Istimewa
Seleksi Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) periode 2021-2024 dibuka besok, Rabu (15/9). Adapun LPJK merupakan lembaga non-struktural di bawah Kementerian PUPR yang bertugas melaksanakan registrasi, akreditasi, penetapan penilai ahli, pembentukan LSP, pemberian lisensi, dan penyetaraan di bidang Jasa Konstruksi.
ADVERTISEMENT
Ketua Tim Kelompok Kerja Penilai Pengurus, Agus Prabowo menyampaikan, pendaftaran calon pengurus LPJK akan dibuka mulai 16 hingga 30 September 2020. Lalu dilanjutkan dengan seleksi administrasi, asesmen substansi dan psikologi, uji wawancara dan medical check up, serta pengusulan dan penetapan pada 13 November – 15 Desember 2020.
“Kami akan mengusulkan 14 orang terbaik. 14 orang terbaik ini akan diusulkan kepada tim pengarah, kemudian tim pengarah mengusulkannya ke Pak Menteri PUPR. Setelah Pak Menteri PUPR memegang 14 kandidat terbaik, 14 orang itu dikirim ke DPR. Ada waktu 1,5 bulan untuk DPR menyeleksi menjadi 7 orang. Setelah dipilih 7 orang kemudian disahkan,” bebernya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (15/9).
Seleksi ini nantinya akan dilakukan oleh 7 orang panitia seleksi, yakni Agus Prabowo selaku ketua merangkap anggota, bersama Agus Pambagio, Yenti Garnasih, Djoko Prihardono, Budi S Wignyosukarto, Paulus Kurniawan dan Nina Insania.
ADVERTISEMENT
Dia menjelaskan, semula LPJK merupakan lembaga independen yang tak berkaitan langsung dengan Kementerian PUPR. Namun UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan PP Nomor 22 Tahun 2020 mengamanatkan penyelenggaraan sebagian kewenangan pemerintah pusat dilaksanakan dengan mengikutsertakan masyarakat jasa konstruksi melalui lembaga yang dibentuk menteri.
Menteri PUPR Cari 7 Mitra Kembangkan Jasa Konstruksi, Pendaftaran Dibuka Besok (1315)
Pekerja sedang bekerja menyelesaikan pembangunan gedung. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Oleh karenanya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerbitkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 9/PRT/M/2020, di mana LPJK kemudian melebur di bawah Kementerian PUPR. Nantinya pengurus LPJK akan menjadi mitra strategis Menteri PUPR dalam memberikan berbagai usulan terkait jasa konstruksi.
"Kami mengharapkan para pengurus yang memiliki kepakaran multi disiplin, sehingga ketika berdiskusi dengan Menteri PUPR akan sama levelnya. Jadi pengurus LPJK ini semacam check and balances," bebernya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Trisasongko Widianto berharap, pengurus LPJK yang terpilih memiliki dedikasi untuk memajukan bidang jasa dan industri konstruksi. Sebab masa jabatan pengurus hingga 2024 dinilai berat.
“Kita ketahui ke depan ini kita mempunyai tugas yang cukup berat. Kita ketahui kita ke depan akan membangun food estate di Kalimantan Tengah, kemudian kawasan industry. Jadi memang kita membutuhkan mitra-mitra yang bisa memberikan masukan, pendampingan selama 2021-2024,” tegas Trisasongko.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white