kumparan
10 Juni 2018 15:27

Momentum Lebaran Dongkrak Penjualan Asuransi Umum

com-Asuransi di kalangan milenial
com-Asuransi di kalangan milenial (Foto: Thinkstock)
Momentum Lebaran nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi beberapa industri bisnis. Salah satu bisnis yang mendulang keuntungan dari momentum Lebaran ini yaitu industri asuransi.
ADVERTISEMENT
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe, mengatakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini diharapkan bisa mengerek pertumbuhan penjualan produk asuransi. Sama seperti tahun sebelumnya, saat Lebaran penjualan produk asuransi umum naik sekitar 20%.
"Produk-produk asuransi yang sifatnya seasonal banyak diminta saat tertentu, termasuk moment lebaran dan liburan panjang. Kebanyakan adalah produk-produk asuransi ritel," kata Dody ketika dihubungi kumparan, Minggu (10/6).
Dody mengatakan, untuk produk ritel yang diminati saat momentum seperti ini di antaranya asuransi uang seperti asuransi untuk pengiriman cash in transit, dan cash insafe.
Kedua, asuransi perjalanan seperti produk asuransi mudik lebaran yang menjamin kecelakaan diri, dan terakhir produk asuransi kendaraan bermotor baik pembelian mobil baru maupun periode jangka pendek selama liburan.
ADVERTISEMENT
"Bahkan untuk asuransi perjalanan mudik lebaran memang dikhususkan untuk penjualan di periode lebaran. Sehingga peningkatannya bisa 2x dari periode selain lebaran," bebernya.
Dengan peningkatan penjualan selama Lebaran ini, Dody mengatakan jika AAUI memprediksi peningkatan premi industri asuransi umum pada akhir tahun 2018 minimal 10%. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan pemerintah.
"Ini estimasi yang konservatif, mengingat akan banyak fluktuasi kondisi ekonomi sepanjang tahun 2018," kata dia.
Dody mencatatkan, di sepanjang 2017 pertumbuhan asuransi umum mengalami pertumbuhan 2,7% dibandingkan periode yang sama 2016. Selain itu, di Kuartal I 2018 pertumbuhan asuransi umum juga mengalami peningkatan 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan