kumparan
7 Juni 2018 13:29

Mudik Lebaran, 3 Maskapai Ajukan Penerbangan Tambahan dari Kualanamu

Bandara Kualanamu
Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumut (Foto: Instagram @ap2_kualanamu)
PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat sebanyak tiga maskapai telah mengajukan penambahan jadwal penerbangan dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, menjelang Lebaran 2018.
ADVERTISEMENT
Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, Arif Darmawan mengatakan, ketiga maskapai yang telah mengajukan extra flight itu adalah Sriwijaya Air, Air Asia, dan Silk Air.
Menjelang arus mudik Lebaran 2018, pihaknya memang mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandara Kualanamu. Untuk sementara, peningkatan jumlah penumpang tersebut berkisar 8%, namun diperkirakan bisa melonjak hingga 14% pada puncak mudik.
Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang tersebut, ketiga perusahaan maskapai itu mengajukan jadwal penerbangan tambahan. "Rata-rata, setiap maskapai mengajukan extra flight 4-5 penerbangan," katanya seperti dikutip dari Antara.
Biasanya dalam waktu tertentu, maskapai penerbangan tersebut akan mengajukan kembali penambahan jadwal penerbangan karena jumlah penumpang yang semakin banyak. "Kalau untuk angkutan udara, biasanya lonjakan drastis itu pada H-2 dan H-3 Lebaran," ujar Arif.
Maskapai Penerbangan
Maskapai Penerbangan (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Dengan adanya lonjakan jumlah penumpang tersebut, AP II mengakui adanya kenaikan harga tiket pesawat di Bandara Kualanamu. Meski ada yang melonjak hingga 100% dibandingkan harga pada hari biasa, namun besarannya masih dalam batas atas yang diizinkan.
ADVERTISEMENT
"Karena ini peak season dan kita biasa alami batas bawah, maka seolah-olah mengalami lonjakan luar biasa," kata Arif.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan