Bisnis
·
24 November 2020 19:08

OJK Singgung Perbankan yang Lamban Turunkan Suku Bunga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
OJK Singgung Perbankan yang Lamban Turunkan Suku Bunga (104814)
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui suku bunga perbankan mulai menunjukkan tren yang menurun. Meski demikian Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, penurunan suku bunga perbankan kurang cepat. Padahal suku bunga acuan Bank Indonesia sudah dalam tren menurun sejak awal tahun.
ADVERTISEMENT
“Kami memang melihat sudah ada penurunan sekarang. (Suku) bunga in average sudah single digit. Cuma saya juga merasa kurang cepat gitu aja, bagaimana ini kita percepat,” ujar Wimboh dalam Webinar Economic Outlook 2021: Memacu Pertumbuhan Di Tengah Pandemi, Selasa (24/11).
Wimboh menjelaskan, saat ini likuiditas perbankan dalam kondisi prima. Ini artinya perbankan sejatinya sudah siap untuk menurunkan suku bunga. Dengan demikian Wimboh pun memastikan bahwa suku bunga pasti turun. Namun memerlukan waktu transisi.
“Perbankan siap, modalnya siap, likuiditas siap. Suku bunga tidak ada masalah, ini hanya masalah waktu transmisi aja, kita akan monitor suku bunga pasti turun,” ujarnya.
OJK Singgung Perbankan yang Lamban Turunkan Suku Bunga (104815)
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Bahkan menurut Wimboh, tidak hanya dari sisi perbankan saja, beberapa faktor di luar perbankan juga sudah mendukung adanya penurunan suku bunga. Salah satunya dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menyatakan bakal menurunkan suku bunga penjaminan dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Jika hal tersebut terealisasi maka bunga deposito bisa turun. Selain itu pemerintah juga turut memberikan dorongan dengan melakukan penempatan dana di beberapa bank. Hal ini diharapkan bisa semakin mempercepat perbankan untuk menurunkan suku bunga.
“Tadi BI menurunkan policy rate, oke. Tadi Pak Yudhi (Ketua LPS) siap akan menurunkan itu sehingga menstimulasi penurunan suku bunga deposito. Bahkan pemerintah sudah menstimulasi dengan menempatkan dana di beberapa bank,” ujarnya.