kumparan
Bisnis24 Maret 2020 12:38

Operasional Masih Berjalan Normal, Lion Air Siapkan Langkah Hadapi Dampak Corona

Konten Redaksi kumparan
Pemberishan pesawat Lion Air's Boeing 737-800
Petugas bersiap sebelum melakukan proses sterilisasi pesawat Lion Air di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3). Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Merebaknya virus corona ke berbagai negara berdampak pada maskapai penerbangan. Di Indonesia, pemerintah mulai menutup penerbangan dari dan menuju ke China sejak 5 Februari 2020.
ADVERTISEMENT
Kondisi itu diperparah dengan keputusan Arab Saudi menutup umrah, ditambah negara-negara yang akhirnya memutuskan lockdown. Bisnis maskapai penerbangan tergerus.
Menanggapi hal itu, salah satu maskapai penerbangan swasta, Lion Air, mengaku tengah menyiapkan langkah untuk menghadapi meluasnya penyebaran COVID-19.
Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan manajemen Lion Air Group tengah merancang kebijakan strategis menyikapi situasi tersebut.
"Terkait kebijakan strategis internal menghadapi situasi kondisi saat ini yang terjadi, masih dibahas oleh manajemen internal," ujar Danang kepada kumparan, Selasa (24/3).
Danang memastikan operasional Lion Air masih berjalan normal hingga hari ini. Mereka memantau perkembangan dampak virus corona per hari serta berupaya mengikuti kebijakan pemerintah.
Pemberishan pesawat Lion Air's Boeing 737-800
Sejumlah petugas membersihkan kabin pesawat Boeing 737-800 Lion Air dengan disinfektan di di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (17/3). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
"Sampai saat ini secara operasional masih berjalan normal. Lion Air Group terus dan masih memantau perkembangan hari per hari (daily basis) dan mengikuti setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah (regulator) serta rekomendasi perusahaan," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Namun Danang enggan merinci berapa kerugian yang dialami perusahaan akibat dampak virus corona. Ia hanya menyatakan fokus maskapai memastikan keselamatan penerbangan, baik seluruh awak pesawat maupun penumpang.
"Mengenai angka, saya belum bisa memberikan keterangan. Fokus Lion Air Group saat ini adalah memastikan seluruh awak pesawat, staff dan penumpang yang menggunakan jasa Lion Air Group aman, dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan penerbangan," pungkas Danang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan