kumparan
Bisnis26 Januari 2020 11:28

Pasca Imlek, Harga Cabai Masih Tinggi

Konten Redaksi kumparan
Cabai merah
Pembeli memilih cabai merah. Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Satu hari setelah perayaan Hari Raya Imlek, harga sejumlah komoditas pangan terpantau masih tinggi. Khususnya harga cabai. Dari pantauan kumparan, harga beberapa jenis cabai di sejumlah pasar masih tinggi.
ADVERTISEMENT
Di pasar minggu misalnya, satu kilogram (kg) cabai rawit merah dibanderol seharga Rp 100 ribu. Padahal, sebelumnya harga cabai rawit merah ini hanya dijual sekitar Rp 35 ribu per kg.
"Sudah satu minggu ini harga cabai rawit merah naik. Enggak tahu kenapa, saya beli harganya juga sudah tinggi di Pasar Induk Kramat Jati," kata Erni, salah seorang pedagang cabai di Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (26/1).
Sementara itu, untuk harga cabai keriting merah juga terpantau masih tinggi, yakni berada di kisaran Rp 75 ribu per kg. Sebelumnya, cabai keriting merah dijual Rp 40 ribu per kg.
Tak hanya itu, harga cabai rawit hijau juga belum menunjukkan penurunan selama satu pekan terakhir. Satu kilogram cabai rawit di Pasar Minggu dijual Rp 50 ribu. Biasanya, Erni mengaku harga cabai rawit dijual Rp 30 ribu per kg.
ADVERTISEMENT
Harga yang sama juga ditemukan di Pasar Rebo, Jakarta Selatan. Dari pantauan kumparan, harga cabai rawit merah dijual Rp 105 ribu per kg. Sementara cabai keriting merah dibanderol Rp 75 ribu per kg dan cabai rawit hijau dijual Rp 60 ribu per kg.
"Banyak yang minat karena Imlek kemarin juga. Makanya permintaan banyak, sedangkan stok kan pas-pasan karena cuaca juga sedang kurang baik. Makanya harganya mahal,” kata Supri, salah seorang pedagang cabai di Pasar Rebo.
Cabai merah
Pembeli memilih cabai merah. Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Sedangkan untuk sejumlah komoditas pangan lain terpantau masih stabil. Bawang merah di dua pasar itu dijual Rp 35 ribu per kg. Sementara bawang putih masih dijual Rp 40 ribu per kg.
Untuk telur ayam masih dibanderol seharga Rp 24 ribu per kg. Dan untuk daging ayam sendiri dijual dengan harga Rp 35 ribu per kg.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Info Pangan Jakarta, harga cabai memang tampak mengalami kenaikan signifikan. Untuk harga cabai merah keriting secara rata-rata harganya dibanderol Rp 66.296 per kg, cabai rawit merah sebesar Rp 93.333 per kg, cabai merah besar Rp 86.730 per kg, dan cabai rawit hijau seharga Rp 44.814 per kg.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan