Bisnis
·
20 November 2020 17:42

Pelabuhan Patimban Segera Dibuka, Pemerintah Dorong Warga Lokal Bikin Usaha

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pelabuhan Patimban Segera Dibuka, Pemerintah Dorong Warga Lokal Bikin Usaha (657661)
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Pemerintah bakal mulai mengoperasikan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, akhir tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penyelesaian infrastruktur ini dipercepat dengan harapan dapat menjadi salah satu alat pemulihan ekonomi nasional.
Atas dasar itu, Budi Karya mengimbau agar pelaku usaha mau membuka industri di sekitar pelabuhan demi menghemat biaya logistik dan mendongkrak ekonomi di sana.
Bahkan, selain mengajak pengusaha untuk ikut andil di pelabuhan, pemerintah rupanya juga mendorong agar masyarakat di sekitar ikut merasakan keuntungan. Yakni dengan membuka usaha atau menyediakan jasa.
Pelabuhan Patimban Segera Dibuka, Pemerintah Dorong Warga Lokal Bikin Usaha (657662)
Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Agus Purnomo. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo mengatakan, pemerintah sudah memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat setempat. Baik pelatihan di bidang jasa yang berkaitan dengan kegiatan pelabuhan, maupun pelatihan untuk membuka usaha.
"Kami menyiapkan berbagai pelatihan bagi warga setempat. Berbagai macam usaha kuliner, 6 angkatan ada 197 orang," ujar Agus dalam webinar membahas Pelabuhan Patimban dan geliat ekonomi nasional, Jumat (20/11).
ADVERTISEMENT
Selain itu, lanjut Agus, pemerintah juga memberikan pelatihan perakitan pemasangan jaring rampus untuk 442 nelayan. Adapun pelatihan lainnya, yakni basic training safety untuk 709 orang.
"Pelatihan pengelasan 2 angkatan 72 orang, 48 di antaranya nelayan. Urban farming, pelatihan daging sapi, pengoperasian forklift, tenaga kerja bongkar muat, berbagai macam pelatihan yang diharapkan berdampak bagi warga sekitar," sambungnya.
Ia berharap, dengan melibatkan masyarakat dalam operasional pelabuhan, ekonomi daerah akan terdorong. Sehingga terciptanya lapangan kerja itu bakal membantu masyarakat yang saat ini ekonominya terdampak pandemi COVID-19.