Pelindo: Tol Cibitung-Cilincing Bakal Diresmikan Juni 2022

19 Mei 2022 18:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pelindo: Tol Cibitung-Cilincing Bakal Diresmikan Juni 2022 (362658)
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021). Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus menyelesaikan proyek percepatan pembangunan jalan Tol Cibitung-Cilincing. Pasalnya, jalan tol sepanjang 34 km ini akan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juni 2022.
ADVERTISEMENT
Wakil Direktur Utama Pelindo, Hambra, menjelaskan proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan proyek lama perseroan yang belum selesai. Pembangunan tol tersebut turut menggandeng Waskita Karya.
"Sekarang yang kita kejar adalah pembangunan Jalan Tol Cibitung Cilincing," ujar Hambra dalam acara media gathering di Museum Maritim, Kamis (19/5).
Meskipun demikian, menurut Hambra, pasca penggabungan atau merger keempat BUMN pelabuhan, Pelindo Group resmi menguasai seluruh kepemilikan tol dan perseroan fokus pada sisi penyelesaian. Ia berharap, sejumlah seksi dari Jalan Tol Cibitung-Cilincing dapat diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.
"Mudah-mudahan bulan depan untuk Seksi 1, 2 dan 3 akan diresmikan Presiden Jokowi. Ini adalah satu proses percepatan pasca merger," kata Hambra.
Sebelumnya, Waskita melepas porsi kepemilikan saham sebesar 55 persen kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo (Persero) selaku pemegang saham di PT CTP sebesar 45 persen. Kini, Tol Cibitung-Cilincing 100 persen dikuasai PT API.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Jalan Tol Cibitung-Cilincing sendiri akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang telah memiliki tol lingkar dalam kota dan lingkar luar atau Jakarta Outer RIng Road (JORR) I yang sudah operasional serta JORR 2 yang masih dalam proses konstruksi.
Sementara itu, Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi ke dalam 4 seksi. Pada tahun 2021 lalu, Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung-Telaga Asih Sepanjang 2,6 km sudah resmi dioperasikan.
Saat ini, Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) progresnya mencapai 98,76 persen, dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) progresnya mencapai 99,14 persen telah memasuki konstruksi tahap akhir dan akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).
ADVERTISEMENT
Selanjutnya Seksi 4 ruas Kanal Banjir Timur – Cilincing (7,2 km) progresnya mencapai 66,14 persen dan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022 mendatang, sehingga rampung sudah ke-4 Seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing ini.
Adapun, jalan tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik industri. Tidak hanya itu saja, mobilitas masyarakat akan terhubung dari Cibitung hingga Cilincing, yaitu mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.
Selain itu, jalan tol ini nantinya akan mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya dan terhubung dengan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.