Bisnis15 September 2020 20:05

Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp 1,6 T untuk Program Kartu Prakerja

Konten Redaksi kumparan
Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp 1,6 T untuk Program Kartu Prakerja (820264)
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat sebanyak 1,2 juta penerima Kartu Prakerja sudah menarik dana insentif Rp 600.000 per bulan. Total insentif yang sudah dicairkan kepada peserta tercatat sebanyak Rp 1,6 triliun.
ADVERTISEMENT
"Setiap hari kami melakukan pembayaran insentif untuk penerima Kartu Prakerja kisarannya sekitar 60.000-80.000 orang per hari kita lakukan transfer insentif ke rekening penerima," kata Direktur Eksekutif PMO Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam Bincang Sore dengan Kartu Prakerja, Selasa (15/9).
Menurut Denni, dari hasil survei yang dilaksanakan PMO, para peserta mengaku insentif paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Sebanyak 96 persen peserta mengaku insentif itu dipakai untuk membeli bahan pangan, kemudian 75 persen mengatakan untuk membayar listrik, sekitar 69 persen menggunakan insentifnya untuk beli bensin/solar.
Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp 1,6 T untuk Program Kartu Prakerja (820265)
Ilustrasi daftar kartu Prakerja. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Kemudian sebanyak 68 persen peserta menggunakan dana insentif untuk beli pulsa/paket internet dan 60 persen lainnya untuk transportasi.
Namun menurut Denni, hasil survei tersebut bisa berbeda di setiap provinsi. Untuk DKI Jakarta, insentif Kartu Prakerja lebih banyak digunakan untuk membayar cicilan motor hingga bayar utang.
ADVERTISEMENT
"DKI, top 5 dari Rp 600.000 adalah untuk bayar cicilan motor, ada yang untuk bayar utang, untuk modal usaha. Jadi tiap provinsi beda-beda respons dari penerima Kartu Prakerja," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white