kumparan
28 September 2018 13:55

Pemerintah Targetkan 2,7 juta UMKM Tahun Ini Sudah Go Online

Gerakan dorong UMKM Online. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Pemerintah menargetkan sebanyak 2,7 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan go online pada tahun ini. Mereka akan menjual produk-produk khas ke marketplace seperti blibli.com.
ADVERTISEMENT
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, mengatakan UMKM yang sudah go online lebih dulu hingga tahun lalu jumlahnya 4,6 juta.
"Ini bukan Kominfo sendiri, tapi kita kerja sama dengan 41 marketplace. (Tahun lalu) sudah 4,6 juta UMKM yang go online. Tahun ini 2,635 juta yang sudah kita gerakan," kata Septriana dalam diskusi jualan online dalam Kriyanusa 2018 di Plenary Hall JCC, Jakarta, Jumat (28/9).
Secara kesuluruhan, jumlah UMKM di Indonesia ada 59,6 juta. Dari jumlah itu, kata Septriana, target pemerintah hingga 2020 sebanyak 8 juta UMKM sudah go online di marketplace.
Dia mengatakan berjualan di marketplace bisa meningkatkan pendapatan penjual hingga 80 persen. Selain itu, berjualan di platform jual beli online juga tidak perlu tempat dan jangkauan luas.
ADVERTISEMENT
Septriana berharap dengan makin banyaknya UMKM yang jualan di marketplace membuat karya-karya unik dan khas Indonesia menjadi semakin terkenal dan bisa menjadi pusat penjualan di dalam negeri. Dengan begitu, bisa menggeser pasar produk impor yang saat ini sangat banyak di marketplace dalam negeri.
Menurut Septriana, salah satu yang menjadi hambatan untuk menjual online adalah keraguan di diri penjual. Mereka khawatir karena tidak paham teknologi dan bagaimana cara menjualnya di marketplace.
Karena itu, dia bilang, Kemkominfo dengan marketplace seperti blibli.com melakukan pendampingan ke UMKM yang belum menjual online. Padahal penetrasi masyarakat terhadap internet di Indonesia sudah 132 juta.
"Kita dampingi. Kita ajak naik kelas dari offline ke online biar dapat pendapatan besar. Hari ini mulai dari tempe, makanan basah bisa masuk go online. Peluang ini harus kita rebut semua," kata dia.
ADVERTISEMENT
SME Sales Channel Blibli.com, Agus Mulyo Pribadi, mengatakan pihaknya tidak hanya memberikan pelatihan, tapi juga pendampingan, mulai dari daftar di marketplace Blibli.com sampai jualan.
"Kalau cuma pelatihan tapi enggak ada pendampingan kasihan. Pendampingan penting buat UMKM. Kita ada grup per daerah. Kita bantu juga buatkan daftar akun hingga email," jelas dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan