Bisnis
·
9 April 2021 15:14

Pentingnya Training Keuangan Bagi Karyawan Perusahaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pentingnya Training Keuangan Bagi Karyawan Perusahaan (50554)
Ilsutrasi stress pekerjaan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Pengelolaan keuangan pribadi menjadi tantangan tersendiri, termasuk bagi karyawan. Bahkan ada penelitian dari Virginia Tech Study yang menunjukkan bahwa salah satu penyebab terbesar menurunnya produktivitas karyawan adalah masalah keuangan. Data pendukung lain juga menyebutkan bahwa 1 dari 4 karyawan mengalami stres lantaran masalah pengelolaan keuangan pribadi, sehingga rata-rata sebanyak 80 persen dari karyawan stres bekerja tanpa fokus di kantor.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan. Tercatat, kerugian ini bisa mencapai USD 450 per hari, hanya karena karyawan yang tak bisa fokus bekerja.
Karena itu, adalah penting bagi perusahaan untuk dapat membantu karyawan mengatasi masalah yang berpeluang timbul pada keuangan pribadi mereka, dengan cara memberikan training keuangan.
Ini dia 4 keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan jika karyawan mendapatkan training keuangan.
1. Mengurangi peluang kecurangan
Sudah bukan rahasia lagi, bahwa di setiap lingkungan kerja selalu akan ada peluang terjadi kecurangan atau fraud. Salah satu penyebabnya adalah karyawan yang merasa tak pernah cukup dengan gaji mereka. Akibatnya praktik suap, gratifikasi, korupsi dan bentuk-bentuk kecurangan lain bisa terjadi.
ADVERTISEMENT
Tentu, hal ini akan membawa dampak buruk bagi perusahaan.
2. Mengurangi masalah utang
Utang memang tak dilarang, tetapi tentu saja harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Utang yang dilakukan tanpa pertimbangan matang, bisa jadi menjerat karyawan hingga membawa pengaruh juga pada kinerjanya di kantor. Bahkan, bisa saja membawa teror ke kantor.
Hal ini pastilah bukan hal yang diharapkan terjadi di kantor, bukan?
Pentingnya Training Keuangan Bagi Karyawan Perusahaan (50555)
Webinar QM Training. Foto: Dok. QM
3. Meningkatkan komitmen
Seorang karyawan yang memiliki keterampilan yang cukup untuk mengelola keuangan pribadi, akan lebih paham juga akan seluk-beluk bisnis. Ia tahu betul, bagaimana jalannya bisnis dan bagaimana supaya perusahaan bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan, yang akhirnya juga memberi benefit untuk karyawan juga.
4. Meningkatkan loyalitas
Dengan keterampilan mengelola keuangan yang baik, karyawan dapat fokus pada pekerjaan sehingga bisa memberikan hasil kinerja yang sesuai dengan harapan, maka bisnis perusahaan bisa maju, dan pada kesejahteraan karyawan pun bisa meningkat.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan, pastinya loyalitas karyawan pun akan bertambah. Mereka akan semakin semangat bekerja untuk mencapai tujuan baik bersama.
Melihat beberapa alasan di atas, sudah jelas betapa pentingnya memberikan training keuangan pada karyawan perusahaan. Manfaat ini akan dapat dirasakan bahkan sampai jangka waktu yang panjang.
QM Financial menyediakan berbagai modul training keuangan yang cocok bagi karyawan perusahaan dari berbagai skala. Besar kecil bisnis perusahaan, banyak sedikit karyawan, semua perlu training keuangan.
QM Financial dikenal sebagai perusahaan jasa literasi finansial yang menjadi digital financial learning platform. QM Financial menyediakan berbagai jenis konten bagi semua orang yang ingin belajar finansial, dalam berbagai bentuk, mulai dari website, konten media sosial, kelas online via Zoom, online course, microlearning gamification, hingga webinar.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa keunggulan training keuangan oleh QM Financial:
· Bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
· Modul mudah dipahami.
· Berpengalaman, karena QM Financial telah mengadakan kelas-kelas online yang sudah diikuti oleh 16.000 orang dari berbagai latar belakang dan negara telah membuktikannya.
· Cara penyampaian materi fun and practical, oleh para trainer QM Financial yang sangat berpengalaman mengampu berbagai kelas, baik private, kelompok kecil, maupun kelompok besar yang mencapai ratusan orang
· Bisa dilakukan secara online dengan mudah, baik melalui Zoom ataupun aplikasi-aplikasi yang lain.
ADVERTISEMENT
· Aplikatif. Untuk beberapa materi, ada worksheet yang bisa langsung diisi oleh peserta. Hal ini tentunya semakin meningkatkan pemahaman peserta akan materi yang diberikan.
Yuk, belajar bersama QM Financial dalam training karyawan yang dikemas interaktif dengan silabus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688. Jangan lupa follow juga Instagram @qm_financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white