kumparan
5 Juni 2018 11:57

Penuhi Kebutuhan Lebaran, Mentan Klaim Naikkan Stok Pangan 20%

Suasana penjualan sembako di Pasar Senen.
Suasana penjualan sembako di Pasar Senen. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Pemerintah memastikan pasokan bahan pangan untuk Lebaran 2018, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Menteri Pertanian Amran Sulaiman bahkan menyatakan, stok berbagai jenis bahan pangan ditingkatkan 20% dari rata-rata kebutuhan di hari lain.
ADVERTISEMENT
Dengan kondisi itu, Amran yakin stok bahan pangan siap untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Lebaran 2018. "Kami memantau stok seluruh Indonesia, stok siap di mana-mana di seluruh Nusantara," kata Amran usai memberikan pengarahan dalam rangka Rapat Koordinasi Gabungan Serap Gabah Petani, Optimalisasi Alsintan, dan Luas Tambah Tanam Tahun 2018 di Kementan, Jakarta, Selasa (5/6).
Menurut Amran seperti dikutip dari Antara, pemantauan stok terhadap beras dan beragam komoditas pangan lainnya merupakan tujuan utama dari digelarnya rapat koordinasi gabungan tersebut. Mentan juga mengemukakan, pihaknya meyakini stok beras bisa ditambah sekitar 1,5 juta ton dari stok beras yang ada saat ini.
Mentan Amran bagi-bagi ayam
Mentan Amran bagi-bagi ayam. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Sebelumnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR, Mentan mengungkapkan kebutuhan beras pada Ramadhan dan Lebaran dari mulai Mei hingga Juni 2018 tercatat sebesar 5,33 juta ton. Sedangkan pasokan beras pada periode itu sebanyak 9,10 juta ton.
ADVERTISEMENT
Sedangkan kebutuhan dan pasokan komoditas lainnya pada rentang Ramadhan dan Lebaran, adalah sebagai berikut: - Jagung: kebutuhan 3,06 juta ton; Pasokan 4,51 juta ton - Minyak Goreng: kebutuhan 1,49 juta ton; Pasokan 13,02 juta ton - Daging Ayam Ras: kebutuhan 535,1 ribu ton; Pasokan 626,1 ribu ton - Telur Ayam: kebutuhan 303 ribu ton; Pasokann 304 ribu ton - Daging Sapi dan Kerbau: kebutuhan 116,3 ribu ton; Pasokan 133,8 ribu ton
“Dari semua komoditas, hanya kedelai saja yang pasokannya kurang. Kebutuhan diperkirakan 509,8 ribu ton, sedangkan pasokannya 405,9 ribu ton,” kata Amran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan