kumparan
23 Oktober 2019 10:06

Pernah Menolak Jadi Menteri, Erick Thohir Akhirnya Masuk Kabinet

Erick Thohir, Istana Negara, POTRAIT
Pengusaha Erick Thohir melambaikan tangan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
”Insyaallah enggak. Saya tidak tertarik untuk (masuk) kabinet ya. Saya pengusaha, saya ingin kembali berusaha setelah bulan April,” Kalimat itu diucapkan dengan jernih oleh Erick Thohir di Senayan City, Jakarta, pada Jumat, 29 Maret 2018.
ADVERTISEMENT
Pemilik kelompok usaha Mahaka Group tersebut, saat itu menjabat Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Maruf, untuk maju di Pilpres 2018. Sebagai Ketua Umum TKN, dia paling bertanggung jawab atas kemenangan Jokowi-Maruf.
Dengan tanggung jawab sebesar itu, wajar jika wartawan sudah sejak dini mempertanyakan minat Erick menjadi menteri.
Jawaban tinggallah jawaban, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kini telah mengumumkan formasi kabinet barunya untuk pemerintahan periode kedua. Jokowi mempercayakan jabatan Menteri BUMN, posisi yang sebelumnya diduduki Rini Soemarno, kepada Erick Thohir.
Ketum Inasgoc Erick Thohir
Ketum Inasgoc Erick Thohir di Istora Senayan Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pemegang gelar MBA dari National University California, Amerika Serikat itu, dikenal sebagai pebisnis. Sektor bisnisnya mulai dari media, periklanan, dan olah raga. Meski merintis bisnis sejak usia muda, namun Erick memiliki jaringan yang luas.
Kongsi Bisnis Erick Thohir (Revisi)
Kongsi Bisnis Erick Thohir Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan
Mitra bisnisnya di dalam negeri mulai dari pengusaha senior seperti Aburizal Bakrie, Kiki Barki, dan Tommy Winata, hingga pengusaha segenerasinya seperti Muhammad Lutfi, Patrick Walujo, dan Rosan P. Roeslani. Termasuk juga Sandiaga Uno, pasangan Prabowo Subianto di Pilpres lalu.
ADVERTISEMENT
Erick Thohir juga pernah berkongsi dengan bintang Hollywood, Will Smith, saat membeli klub basket NBA 76ers. Bidang olah raga, termasuk bisnis yang banyak diterjuni pria 49 tahun itu. Dia pernah jadi pemilik klub sepak bola Inter Milan, Persib Bandung, DC United, serta klub basket Satria Muda.
Erick Thohir, Stadion Manahan, Solo
Erick Thohir saat kunjungan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (21/9/2019). Foto: Ferry Adi/kumparan
Ayah empat anak itu, memang dikenal sebagai penggemar olah raga. Minat itulah yang membawanya sebagai Ketua Umum Komite Olah Raga Indonesia (KOI). Nama Erick Thohir makin melambung setelah sukses memimpin penyelenggaraan Asian Games ke-18, di Jakarta dan Palembang pada 2018 lalu.
Kesuksesan itu, memikat Jokowi untuk menempatkan Erick Thohir sebagai Ketua Umum TKN. Dari situlah ayah empat anak itu mulai terbawa hanyut ke politik hingga akhirnya menjadi menteri.
Infografik Menteri Erick Thohir
Infografik Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
ADVERTISEMENT