kumparan
29 Juni 2018 8:04

Pertamina Sudah Bangun 54 SPBU BBM Satu Harga hingga Juni 2018

Pemerintah targetkan BBM satu harga (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Hingga Juni 2018, PT Pertamina (Persero) tercatat sudah membangun 54 SPBU yang menjual BBM Satu Harga di beberapa pelosok Indonesia. Jumlah itu merupakan akumulasi sejak 2017 lalu di mana SPBU BBM Satu Harga pertama kali dibangun.
ADVERTISEMENT
Koordinator BBM Satu Harga Pertamina, Zibali Hisbul Masih, mengatakan Pertamina akan kembali membangun SPBU BBM Satu Harga di 67 titik hingga akhir tahun 2018. Sedangkan target yang dikejar Pertamina tahun ini adalah mampu membangun 121 SPBU BBM Satu Harga.
"Sampai Juni ini sudah 54 titik beroperasi, akumulasi dari 2017. Sisanya sampai akhir tahun akan bangun 67 lagi," kata Zibali kepada kumparan, Jumat (29/6).
Zibali menuturkan dari 67 SPBU yang tengah dibangun secara bertahap, rata-rata perkembangannya beragam. Ada yang baru dalam tahap pembangunan dan ada juga yang masih dalam tahap perizinan.
Karena itu, pihaknya sudah bersurat ke Kementerian ESDM agar memberikan informasi ke Pemda setempat guna memprioritaskan pembangunan SPBU BBM Satu Harga. Menurut dia, untuk membangun satu unit SPBU beserta izinnya bisa memakan waktu 6 bulan. Waktu itu bisa lebih lama lagi jika terganjal izin di daerah.
Peresmian BBM satu harga di Banggai Laut (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)
"Kemarin kita juga sudah minta bantuan ke ESDM dan BPH Migas. Kita sudah bersurat minta untuk diprioritaskan SPBU BBM Satu Harga. Kami optimis di triwulan III ini sudah banyak yang dibangun," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
BBM Satu Harga merupakan program Pertamina yang dijalankan sejak 2017 lalu. Program ini adalah permintaan langsung Presiden Joko Widodo setelah dia berkunjung ke Papua dan melihat harga BBM di sana sangat mahal. Dengan adanya BBM Satu Harga, masyarakat di luar Jawa khususnya yang tinggal di wilayah Timur bisa menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di Jawa.
Untuk itu, hingga 2019, Pertamina menargetkan bisa membangun 150 SPBU BBM Satu Harga. Jika target di 2018 tercapai, maka akan ada 29 SPBU lagi yang akan dibangun sampai akhir 2019.
"Di 2019 itu sisanya sekitar 29 SPBU. Saat ini kita huga sudah mulai (bergerak), termasuk pencarian investornya," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan