kumparan
17 Januari 2020 16:05

PLN Akan Tambah Pasokan Listrik 60 MW untuk MotoGP 2021 di Mandalika

KONTEN SPESIAL SPORT MANDALIKA, lokasi sirkuit Mandalika
Foto udara proyek pengembangan pantai Mandalika, yang merupakan lokasi untuk balapan sepeda motor MotoGP di Mandalika, Lombok. Foto: AFP/ARSYAD ALI
Indonesia akan menggelar ajang MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Untuk mendukung pelaksanaan gelaran internasional tersebut dibutuhkan kesiapan pasokan listrik. PT PLN (Persero) menyebut bakal menambah pembangkit khusus untuk persiapan ajang MotoGP di Mandalika.
ADVERTISEMENT
Wakil Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, daya mampu pasokan listrik di sana mencapai 290 Megawatt (MW). Sementara beban puncak saat ini tercatat sebesar 243 MW.
Dia menyebut, sebenarnya tidak ada masalah ketika semua pembangkit listrik berfungsi. Akan tetapi, begitu ada satu pembangkit dalam pemeliharaan maka dapat terjadi pemadaman.
Darmawan pun bercerita beberapa bulan lalu, salah satu pembangkit listrik PLN di Mandalika sempat mengalami maintenance. Hal ini membuat pasokan listrik seketika langsung turun. Untuk itu, Darmawan ingin memastikan hal serupa tidak terjadi lagi.
"Jadi tiga bulan lalu begitu ada satu pembangkit kita maintenance, selesai. Jadi pasokannya waktu itu turun jadi 250 MW, sedangkan beban puncaknya 243-250 mw. Begitu beban puncak jam 7 malam jeder, kelenger," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1).
Darmawan Prasodjo, PLN
Wakil Dirut PLN, Darmawan Prasodjo. Foto: Dok. Kantor Staf Presiden
Karena itu, PLN saat ini sedang menambah pasokan listrik di wilayah tersebut guna mendukung kegiatan MotoGP di Mandalika. Adapun tambahan kapasitas listrik ini agar tidak ada byar pet ketika salah satu pembangkit dalam pemeliharaan.
ADVERTISEMENT
"Untuk MotoGP ini perlu adanya keandalan sistem luar biasa, perlu ada tantangan luar biasa. Untuk itu kami sudah dalam proses menambahkan kapasitas pembangkit sekitar 60 MW yang commissioning dalam beberapa bulan mendatang. Artinya daya mampu pasokan dari 290 MW jadi 350 MW," ujarnya.
Darmawan berharap dengan tambahan pembangkit ini akan mempermudah dan meningkatkan kenyamanan pengelola KEK Mandalika dalam mengatur dan mengembangkan kelistrikan di daerah yang akan diisi oleh banyak hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan