Bisnis
·
22 Oktober 2020 6:05

Populer: PTBA Akui Sumbang Polusi, Raffi Ahmad Sewa Pesawat untuk Liburan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: PTBA Akui Sumbang Polusi, Raffi Ahmad Sewa Pesawat untuk Liburan  (92359)
Ilustrasi kapal tongkang membawa batu bara di sungai Mahakam. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
PT Bukit Asam Tbk atau PTBA, mengakui aktivitas mengeruk batu bara selama ini yang dilakukan tidak ada nilai tambah dan malah menimbulkan polusi. Pengakuan itu langsung mendapatkan perhatian publik.
ADVERTISEMENT
Berita tersebut menjadi salah satu berita populer kumparanBisnis. Selain itu, Raffi Ahmad yang merogoh koceknya untuk menyewa pesawat untuk liburan juga palig banyak dicari.
Berikut ini selengkapnya berita populer kumparanBisnis sepanjang hari Rabu (21/10):

PTBA Akui Baru Bara yang Ditambangnya Sumbang Polusi

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA, Arviyan Arifin, mengakui selama ini perseroan hanya mengeruk batu bara dari alam untuk dijual tanpa ada nilai tambahnya. Aktivitas ini dilakukan sejak perusahaan berdiri 100 tahun lalu.
Arviyan mengungkapkan, pertama kali perusahaan menambang di tahun 1800. Lokasinya di Sawahlunto. Batu bara yang keruk dari bumi langsung dibakar di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk menghasilkan listrik yang menimbulkan polusi udara.
ADVERTISEMENT
Selama ini, batu bara yang dikeruk di dalam bumi Indonesia memang hampir semuanya dialihkan ke pembangkit listrik dalam negeri dan diekspor.
Porsi batu bara dalam bauran energi listrik nasional di atas 50 persen atau mayoritas dibandingkan sumber energi listrik dari minyak, gas, dan energi terbarukan.
Populer: PTBA Akui Sumbang Polusi, Raffi Ahmad Sewa Pesawat untuk Liburan  (92360)
Artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat ditemui di acara Raffi Is Back di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, (26/2/2020). Foto: Ronny
Raffi Ahmad Sewa Pesawat untuk Liburan
Pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, memperingati ulang tahun pernikahan mereka yang ke-6. Keduanya bersama putra mereka, Rafathar, menyewa pesawat untuk mengangkut para karyawan Rans Entertainment pergi berlibur.
Raffi lalu menjelaskan alasannya mencarter pesawat. Ia mengaku menyewa pesawat karena kondisi pandemi. Selain itu, ia juga ingin berlibur bersama seluruh keluarga dan karyawannya.
Belum diketahui secara pasti berapa biaya yang dikeluarkan Raffi untuk menyewa pesawat Garuda Indonesia tersebut. Berdasarkan paramountbusinessjets.com, harga perkiraan untuk sewa pesawat komersial VIP sekitar USD 23.000 per jam dengan kapasitas 16-50 orang.
ADVERTISEMENT
Jadi untuk tarif pesawat dari Bandara Soetta ke Bandara Komodo, Labuan Bajo membutuhkan durasi kurang lebih 2 jam 20 menit. Artinya, Raffi menghabiskan sekitar Rp 783 Juta untuk sekali jalan, atau Rp 1,56 miliar untuk pulang pergi.