Bisnis
·
6 Februari 2021 7:17

Populer: RI Masih Terjebak Resesi; Wishnutama Jadi Komisaris Tokopedia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: RI Masih Terjebak Resesi; Wishnutama Jadi Komisaris Tokopedia (298)
Warga beraktivitas di rumahnya berlatar belakang hunian bertingkat di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (9/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia masih mengalami resesi. Sepanjang tahun 2020, ekonomi terkontraksi minus 2,07 persen.
ADVERTISEMENT
Berita tersebut menjadi yang paling banyak dibaca. Selain itu, berita soal Tokopedia yang kembali menunjuk mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menjadi komisaris perusahaan.
Berikut kumparan merangkum berita populer, Jumat (5/2).

Ekonomi RI Masih Resesi, Kuartal IV 2020 Minus 2,19 Persen.

BPS mengumumkan ekonomi Indonesia pada kuartal IV terkontraksi 0,42 persen secara qtq dan minus 2,19 persen secara yoy. Dengan demikian, selama tiga kuartal berturut-turut di tahun 2020, ekonomi Indonesia tercatat minus.
Ketua BPS Suhariyanto menjelaskan, secara total sepanjang tahun 2020, ekonomi Indonesia minus 2,07 persen.
"Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 dibandingkan tahun 2019 alami kontraksi 2,07 persen," ujar Suhariyanto dalam rilis BPS, Jumat (5/2).
Sebagai pembanding, perekonomian Indonesia sepanjang tahun 2019 tumbuh positif 5,02 persen. Bila dirinci pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat pada kuartal pertama masih positif 2,97 persen, kemudian kuartal kedua minus 5,32 persen, kuartal III minus 3,45, dan terakhir kuartal IV minus 2,19 persen.
ADVERTISEMENT
Pertumbuhan ini masih dalam prediksi Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang meramal kuartal terakhir 2020 bakal mencatatkan angka di kisaran minus 2,9 sampai minus 0,9 persen.
Dengan masih minusnya pertumbuhan ekonomi kuartal IV, berarti terhitung sudah tiga triwulan berturut-turut ekonomi Indonesia anjlok. Negatifnya perekonomian dimulai dari kuartal II yang terpuruk minus 5,3 persen.
Populer: RI Masih Terjebak Resesi; Wishnutama Jadi Komisaris Tokopedia (299)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Wishnutama Kusubandio Foto: Kemenparekraf
Tokopedia Tunjuk Wishnutama Jadi Komisaris
Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, kembali menunjuk mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Wishnutama, sebagai Komisaris.
Sebelum menjabat sebagai Menteri Parekraf, Wishnutama pernah menjabat sebagai Komisaris Tokopedia. Ia kemudian mengundurkan diri pada 21 Oktober 2019.
Wishnutama memiliki pengalaman hampir 26 tahun di industri kreatif. Ia merupakan pendiri NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat Direktur Utama Trans TV dan Trans 7.
ADVERTISEMENT
Wishnutama pun sempat menuai banyak pujian saat menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 atas keberhasilannya menyuguhkan pertunjukan spektakuler. Berkat konsistensinya dalam berkarya di industri kreatif, Wishnutama kerap menyabet sederet penghargaan sebagai pemimpin maupun pegiat industri kreatif terbaik dari berbagai pihak.
"Tokopedia percaya, pengalaman kepemimpinan dan kreativitas Mas Tama akan memberikan nilai tambah tersendiri, baik untuk para pemimpin di Tokopedia, institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia," kata Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan resmi, Jumat (5/2).
Sementara Wishnutama mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi misi Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Terutama di sisi pemberdayaan UMKM lokal yang berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif.
ADVERTISEMENT
"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan membagi pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan," ujarnya.