Bisnis
·
27 Mei 2021 6:40
·
waktu baca 3 menit

Populer: Rusdi Kirana Suntik Rp 969 M ke Maskapai Baru; Gobel Siap Bantu Garuda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: Rusdi Kirana Suntik Rp 969 M ke Maskapai Baru; Gobel Siap Bantu Garuda (1240960)
searchPerbesar
Direktur Utama Lion Air, Rusdi Kirana. Foto: AFP/ANDREAS SOLARO
Berita populer kumparanBisnis pagi ini diawali kabar pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana yang menyuntikkan dana ke dua maskapai baru yaitu Super Air Jet dan Flyindo Aviasi Nusantara (FAN). Dikutip dari Debtwire Rusdi menyuntik dana segar mencapai USD 67,8 juta atau sekitar Rp 969,5 miliar.
ADVERTISEMENT
Selain kabar dari keluarga Kirana, berita mengenai Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mendukung upaya penyelamatan maskapai penerbangan BUMN, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), turut menjadi berita populer sepanjang Rabu (26/5).
Berikut rangkuman berita populer kumparanBisnis:

Rusdi Kirana Dikabarkan Suntik Dana Rp 969,5 Miliar ke Super Air Jet dan FAN

Pemilik Lion Air, Rusdi Kirana dikabarkan menyuntikkan dana segar USD 67,8 juta atau sekitar Rp 969,5 miliar kepada maskapai baru Super Air Jet dan Flyindo Aviasi Nusantara (FAN). Kedua perusahaan maskapai tersebut masih dimiliki keluarga Kirana.
Dikutip dari Debtwire, Rabu (26/5), transaksi kepada dua maskapai baru tersebut terjadi pada bulan Februari lalu ketika Lion Mentari Airlines, perusahaan yang mengelola Lion Air sedang melakukan restrukturisasi utang.
ADVERTISEMENT
Kedua sumber yang dirahasiakan tersebut menyatakan, aksi penyuntikan dana segar tersebut memungkinkan keluarga Kirana fokus pada dua perusahaan baru tersebut dan meninggalkan Lion Air yang sekarang terpuruk.
Avolon Holding CDB, ICBC Leasing telah menyewakan 30 pesawat baru untuk mendukung Super Air Jet kata dua sumber tersebut. Asal tahu saja, Avolon merupakan perusahaan pembiayaan yang kerap kali membiayai Lion Group.

Mayoritas Saham Kedua Maskapai Baru Tersebut Dipegang Anak Rusdi Kirana

Super Air Jet dimiliki Farian Kirana dan Davin Kirana yang merupakan anak Rusdi Kirana pendiri Lion AIr Group 1999. Farian dan Davin memiliki saham Super Air Jet melalui perusahaan PT Kabin Kita Top, perusahaan yang memegang 50 persen dari catatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kabin Kita memegang 98,8 persen saham Super Jet sementara sisanya atau 0,1 persen dimiliki oleh Rudy Lumingkewas yang menjabat Presiden Direktur Lion Air Group, dan Achmad Hasan yang menjabat sebagai Direktur Perdagangan Lion Air Group.
Dana yang ditransfer sebanyak Rp 968 miliar tersebut melalui akun Lion Mentari di BNI pada 2 Februari. Transaksi itu terbagi menjadi dua, Rp 518 miliar kepada Super Air Jet dan Rp 450 miliar kepada FAN.
Farian Kirana juga memiliki saham 50 persen di FAN, Denis Firian yang juga merupakan anak dari Rusdi Kirana memegang 50 persen sisanya. FAN merupakan perusahaan penyewaan pesawat.

Rachmat Gobel Siap Bantu Penyelamatan Garuda Indonesia

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mendukung upaya penyelamatan maskapai penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA).
ADVERTISEMENT
"Upaya menjaga keberlangsungan usaha Garuda Indonesia sebagai salah satu aset bangsa, tentunya sudah sepatutnya mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021).
Seperti diketahui, saat ini beredar rekaman video dan audio Direktur Utama Garuda Indonesia yang sedang memberikan arahan terhadap jajarannya tentang kondisi Garuda yang sangat memprihatinkan.
Garuda sedang dibelit masalah akibat pandemi COVID-19. Manajemen Garuda sedang membenahi situasi ini, termasuk opsi pengurangan karyawan.
"Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, Garuda Indonesia berperan penting dalam penyediaan layanan konektivitas udara guna memenuhi ketersediaan aksesibilitas masyarakat khususnya di masa pandemi," kata Gobel.
Dalam upaya penyelamatan yang dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia, Gobel siap membantu untuk menjembatani segala kebutuhan ruang komunikasi bersama stakeholders terkait untuk menciptakan ekosistem usaha yang semakin solid bagi Garuda Indonesia.
ADVERTISEMENT