Bisnis
·
22 Februari 2021 6:18

Populer: Siap-siap Pembukaan CPNS 2021, BLT Subsidi Gaji Masih Cair di Tahun Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: Siap-siap Pembukaan CPNS 2021, BLT Subsidi Gaji Masih Cair di Tahun Ini (374781)
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS di Kantor BKN Regional VII Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/9). Foto: Nova Wahyudi/ANTARA FOTO
Kabar baik bagi masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara. Sebab, dalam waktu dekat pemerintah bakal membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.
ADVERTISEMENT
Informasi tersebut menjadi salah satu yang populer di kumparanBisnis. Berita itu dilengkapi kabar baik lainnya yaitu subsidi gaji masih cair di 2021.
Berikut ini selengkapnya berita populer kumparanBisnis sepanjang Minggu (21/2):
Siap-siap Pembukaan CPNS 2021
Pemerintah bakal kembali membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Tahun lalu, pendaftaran CPNS tidak dibuka karena ada pandemi.
Masyarakat yang ingin mendaftar CPNS tahun ini bisa bersiap-siap. Sebab pendaftarannya bakal dibuka pada dibuka pada April hingga Mei mendatang.
Mengenai jumlah formasi yang dibuka, Deputi Bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjanarko, mengatakan diperkirakan sebanyak 1,3 juta orang.
Teguh Widjanarko menjelaskan, dari 1,3 juta formasi tes CPNS 2021 yang dibuka, terdiri dari kebutuhan 1 juta guru dengan status PPPK alias pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Mekanisme penerimaan ini dilakukan melalui program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
ADVERTISEMENT
Kemudian kebutuhan lainnya di luar guru, yakni sebanyak 189.000 formasi. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.
Populer: Siap-siap Pembukaan CPNS 2021, BLT Subsidi Gaji Masih Cair di Tahun Ini (374782)
Proses registrasi dan body checking para peserta Tes SKD CPNS BNPB TA 2019 hari pertama di Gedung CAT, Kantor BKN Pusat (13/2). Foto: Dok. @BNPB_Indonesia
Sedangkan untuk instansi pemerintah pusat, dibutuhkan sekitar 83.000 formasi. Ini terdiri dari 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS untuk berbagai jabatan di instansi pemerintahan.
Selain formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat, lowongan kerja yang sama juga akan dibuka oleh pemerintah daerah. Menurutnya Tjahjo, hingga September 2020, kementerian/lembaga serta pemerintah daerah telah mengusulkan 334.041 formasi CPNS.
BLT Subsidi Gaji Masih Cair di Tahun Ini
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berjanji bakal mengusahakan bantuan subsidi upah atau BLT Subsidi Gaji, bisa dicairkan lagi pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Bantuan ini akan ia usahakan untuk pekerja yang belum mendapatkan pada gelombang pertama. Sudah tutup bukunya anggaran tahun lalu menyebabkan realisasi bantuan tak bisa 100 persen.
Ida Fauziyah menjelaskan, kuota gelombang pertama dan kedua sebelumnya sudah tersalurkan hingga 98,92 persen. Penyaluran tak bisa dilakukan 100 persen lantaran terkalang waktu.
Atas dasar itu, ia berniat bakal mengajukan lagi dana yang sudah dikembalikan ke kas negara buat disalurkan kembali.
"Realisasi kita sudah 98,2 persen, jadi hampir 100 persen. Ada sedikit yang karena sudah tutup buku harus dikembalikan ke kas negara. Jika memang memenuhi syarat, kami akan ajukan lagi ke Kementerian Keuangan untuk bisa diproses," ujar Ida dalam acara debat virtual ketenagakerjaan 2021, Rabu (17/2).
ADVERTISEMENT