Untitled Image

Promosikan Bisnis di Festival UMKM Bisa Dapat Hadiah Jutaan Rupiah, Yuk Ikutan!

18 Oktober 2022 9:44
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Promosi bisnis lewat media sosial. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Promosi bisnis lewat media sosial. Foto: Shutterstock
Tak hanya jadi sarana untuk saling berkomunikasi dan berbagi momen, media sosial saat ini memiliki peranan penting dalam suatu bisnis, termasuk UMKM. Bukan tanpa alasan, menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2021 sampai awal 2022, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 77,02 persen dari total populasi 272.682.600 jiwa per 2021.
Dari survei tersebut, 89,15 persen responden mengaku sering membuka media sosial, dengan Facebook dan YouTube menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Oleh sebab itu, pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendongkrak bisnis.
Ya, lewat berbagai media sosial, pelaku usaha dapat memasarkan produk atau jasanya secara optimal hingga berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Media sosial juga memungkinkan promosi yang lebih luas namun dengan biaya lebih terjangkau.
Meski begitu, pesatnya digitalisasi ini juga membuat persaingan usaha semakin ketat. Pelaku usaha pun harus memiliki trik atau strategi bisnis yang tepat, salah satunya dengan membuat konten-konten yang kreatif demi meningkatkan brand awareness sehingga produknya lebih menarik di mata konsumen.
Pelaku usaha tentu punya cara berbeda-beda untuk menggaet konsumen. Ada yang mengutamakan visual dalam setiap unggahannya di media sosial, menawarkan giveaway lewat berbagai aktivitas interaktif, dan ada juga yang metode storytelling atau berbagi cerita lewat produk-produknya.
Kalau Anda, apa metode andalan untuk menarik perhatian konsumen lewat media sosial? Yuk, promosikan usaha Anda semenarik mungkin di program “Promo Play Video Challenge” yang diadakan sebagai rangkaian acara Festival UMKM kumparan 2022.
Program “Promo Play Video Challenge” berhadiah saldo digital senilai total Rp 10 Juta dan publikasi gratis untuk 10 pemenang. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Program “Promo Play Video Challenge” berhadiah saldo digital senilai total Rp 10 Juta dan publikasi gratis untuk 10 pemenang. Foto: kumparan
Akan ada hadiah berupa saldo digital senilai total Rp 10 Juta dan publikasi gratis untuk 10 pemenang, sehingga usaha Anda pun akan dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Tertarik? Yuk, simak mekanismenya di bawah ini:
1. Follow akun @kumparancom dan @bakbri_id.
2. Peserta membuat video promosi brand/produk dengan durasi maksimal 60 detik secara kreatif dan menarik.
3. Upload video tersebut di akun Instagram (Reels) UMKM kamu. Pastikan akun instagram tidak dalam mode private.
4. Jangan lupa tulis caption semenarik mungkin berisi promosi brand/produk dan sertakan hashtag #PromoPlayUMKM #kumparanTemanUMKM #kumparanxBRI.
5. Tag @kumparancom @bankbri_id.
6. Periode program “Promo Play Video Challenge” mulai 18 Oktober-16 November 2022. Pemenang akan diumumkan melalui media sosial kumparan.
Tunggu apa lagi? Yuk, buat video promosi usaha Anda semenarik mungkin dan dapatkan hadiah serta promosi gratisnya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan BRI