Bisnis
·
7 September 2019 19:11

Properti, Salah Satu Pilihan Tepat Investasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Properti, Salah Satu Pilihan Tepat Investasi (35336)
Ilustrasi properti Foto: Ari Bowo Sucipto/Antara
Properti bisa jadi investasi yang menjanjikan. Seiring masuknya berbagai kerja sama investor global dengan pengembang lokal, hingga gencarnya pembangunan infrastuktur bisa jadi stimulus.
ADVERTISEMENT
Perencana Keuangan sekaligus founder ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, mengatakan berinvestasi properti memang tak mudah. Selain membutuhkan modal tak sedikit, juga perlu strategi cerdas.
Menurut dia, hal pokok yang penting disiapkan adalah tujuan investasi properti. Terutama terkait jangka waktu investasi yang baru bisa dirasakan manfaatnya setelah 5 tahun lebih.
"Dalam 20 tahun, you have imagine 10 or 20 years from now. Pemilihan properti berdasarkan tujuan juga penting," ujar Prita di Marketing Gallery Soutgate Residence, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9).
Tujuan investasi itu, kata dia, bisa beragam. Mulai dari menyiapkan untuk masa depan hunian. Misalnya saja untuk passive income dengan disewakan atau hibah anak.
"Kalau hibah untuk anak ini, carilah properti yang kira-kira anaknya suka. Fasilitasnya oke, areanya oke," lanjutnya.
Properti, Salah Satu Pilihan Tepat Investasi (35337)
Ilustrasi rumah kluster. Foto: Shutterstock
Setelah mengetahui tujuan investasi, Prita mengatakan investor harus yakin atas kesanggupan pembiayaannya.
ADVERTISEMENT
"Sumber penghasilan bayarnya dari mana, kita karyawan maka kita boleh ambil kredit pemilikan. Kalau kita pengusaha, saya sarankan belinya uang cash supaya langsung bisa memiliki," ujarnya.
Tak kalah penting, membeli properti untuk investasi juga perlu memperhatikan operasional lainnya. Upayakan untuk cermat dalam perhitungan, mulai dari produk properti hingga perpajakan.
"Riset dan pemilihan produk dan properti itu juga penting, seperti jenis properti landed house, high rise, dan alternatif lokasi dan harga beli. Jangan lupakan juga perpajakan," ujarnya.