kumparan
18 Maret 2019 7:31

Punya Bisnis dan Ingin Cepat Laku? Jadikan Temanmu Sebagai Pelanggan

Ilustrasi Eksekutif muda kantoran. Foto: Pixabay
Berbisnis memerlukan ketekunan dan profesionalitas untuk mencapai kesuksesan. Dalam menjalankan bisnis, terkadang harus ada upaya promosi agar cepat laku. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah pergunakanlah temanmu sebagai pelanggan.
ADVERTISEMENT
Perencana keuangan Ahmad Ghazali menilai ada sejumlah keuntungan berbisnis dengan melibatkan teman sebagai pelanggan. Mulai dari mendapatkan langganan baru hingga iklan gratis alias teman tersebut memberikan rekomendasi kepada kenalannya.
Untuk meraih hal tersebut, ada sejumlah catatan yang perlu diterapkan agar bisnis berjalan dan pertemanan terjaga. Seperti memberikan harga khusus untuk teman jika memiliki margin keutungan lebar.
Ilustrasi kuliah bisnis Foto: Akson/unsplash
"Kita (bisa) kasih diskon agar dia jadi langganan atau mereferensikan bisnis kita ke orang lain," kata dia kepada kumparan, Senin (18/3).
Akan tetapi, jika keuntungan telah mepet dari harga produksi, Ahmad menyarankan agar tak sungkan untuk jujur.
"Kalau harganya sudah mepet, enggak usah ragu atau merasa enggak enak kalau enggak bisa ngasih harga khusus. Jujur aja kalau harganya sudah fixed," kata dia.
ADVERTISEMENT
Sebab, menurutnya ada cara lain untuk menggaet kepercayaan dan pertemanan tak hancur. Yakni memberikan pelayanan khusus.
“Misalnya memberikan mereka layanan lain yang membuat teman kita merasa lebih nyaman kan bisa,” ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan