kumparan
4 Desember 2019 18:59

Punya Tinggi 12 Meter, Tol Layang Japek Dipasangi 113 CCTV

Foto udarajalan layang tol Jakarta-Cikampek
Foto udara proyek pembangunan jalan layang tol Jakarta-Cikampek. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) mencatat, progres pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 38 kilometer (km) telah mencapai 99,97 persen. Ruas tol itu dibangun sejak tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama JCC Djoko Dwijono menyampaikan, Tol Layang Jakarta-Cikampek yang memiliki ketinggian 12 meter dari Tol Jakarta-Cikampek eksisting tersebut ditargetkan dapat beroperasi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
"Kira-kira ketinggian tol ini 12 meter dari tot eksisting. Kami mengharapkan bisa difungsikan dalam membantu lalu lintas Nataru," bebernya saat ditemui di Tol Layang Jakarta-Cikampek‎ ruas Cikampek Utama, Bekasi, Rabu (4/12).
Dia menambahkan agar keamanan ruas tol itu terjaga, pihaknya memasang 113 CCTV untuk memantau arus lalu lintas tol itu. Diharapkan dengan CCTV itu, operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek dapat dipantau secara komprehensif.
Foto udara jalan layang tol Jakarta-Cikampek
Foto udara proyek pembangunan jalan layang tol Jakarta-Cikampek. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
"‎Ada 113 CCTV supaya lebih memudahkan saja pemantauannya. Jadi nanti bisa dimonitor di suatu ruangan, lebih mudah kalau ada apa-apa," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Djoko menjelaskan, sebenarnya pemasangan CCTV di ruas tol bukan hal yang istimewa. Menengok di tiap ruas tol pasti dipasang CCTV. Hanya saja untuk Tol Layang Jakarta-Cikampek, CCTV yang dipasang lebih banyak.
"Di Tol Jakarta-Cikampek eksisting juga sebenarnya ada, jadi di tiap tol memang kita pasang CCTV untuk memudahkan pemantauan," kata Djoko.
Selain CCTV, pihaknya juga melengkapi Tol Layang Jakarta-Cikampek dengan rambu, marka hingga lampu untuk menambah keamanan. Di samping itu, JJC juga bekerja sama dengan rumah sakit untuk penanganan medis pengguna tol.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan