kumparan
25 Mei 2018 8:36

PUPR Bangun Rest Area Multi Fungsi di Bali dan Trenggalek

Integrated Rest Area di Bali
Integrated Rest Area di Bali (Foto: dok. Kementerian PUPR)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun integrated rest area atau rest area multi fungsi di Jembrana Bali dan Trenggalek, Jawa Timur. Adapun integrated rest area itu dibangun di atas lahan seluas 5 hektare.
ADVERTISEMENT
Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono, mengatakan integrated rest area yang tengah dibangun tersebut diadopsi dari Michi no Eki di Jepang dan Inter State Rest Area di Amerika Serikat.
“Diadopsi dari Michi no Eki dan Inter State Rest Area yang tidak hanya sebagai tempat istirahat pengemudi kendaraan, tapi juga menjadi sarana promosi pariwisata dan produk lokal,” kata Hadi kepada kumparan, Jumat (25/5).
Integrated Rest Area di Bali
Integrated Rest Area di Bali (Foto: dok. Kementerian PUPR)
Dia menyampaikan, integrated rest area memiliki fasilitas toilet bintang lima, restoran, lahan parkir yang luas, ATM, tempat beribadah, anjungan produk lokal, amphitheatre, dan ruang serba guna yang dapat dijadikan tempat pameran.
“Pembangunannya kami harapkan dapat memiliki fungsi sosial, rekreasi, budaya, dan edukasi. Integrated Rest Area yang di Bali sudah hampir siap dioperasikan,” katanya.
ADVERTISEMENT
Menurut Hadi, anjungan produk lokal di integrated rest area akan terdapat 4 klaster bisnis yang dikembangkan, yakni klaster wisata, kuliner, agro, dan kerajinan. Nantinya UMKM setempat yang diharapkan memanfaatkan anjungan itu.
“Kami ingin anjungan produk lokal bisa mendorong pariwisata daerah, dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan