Raih LPS Banking Award 2022, Bank BJB Turut Majukan Industri Keuangan Tanah Air

30 November 2022 12:02
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bank BJB mendapatkan penghargaan LPS Banking Award 2022. Foto: dok. Bank BJB
zoom-in-whitePerbesar
Bank BJB mendapatkan penghargaan LPS Banking Award 2022. Foto: dok. Bank BJB
Bank BJB terus menunjukkan komitmennya mendukung literasi dan inklusi keuangan nasional. Selain memberikan edukasi finansial kepada nasabah dan masyarakat di berbagai daerah, Bank BJB juga menghadirkan produk serta layanan perbankan yang memudahkan.
Hal ini pun mengantarkan Bank BJB sebagai salah satu pemenang LPS Banking Award 2022 dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kategori Bank Teraktif Dalam Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Kelompok BPD, dan Kategori Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat Kelompok BPD.
Penghargaan diserahkan langsung kepada Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, dan Nugraha Deputy Corporate Secretary Bank BJB, Devi Fajar Nugraha, pada Selasa, (29/11). Apresiasi ini juga merupakan rangkaian gelaran HUT LPS yang ke-17 yang jatuh pada tanggal 22 September lalu.

Upaya Bank BJB Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

LPS Banking Award 2022 diberikan kepada Bank BJB karena peran aktif Bank BJB dalam upaya memberikan inklusifitas dan literasi keuangan di Indonesia. Yuddy mengatakan, apresiasi ini akan menjadi semangat bagi Bank BJB untuk terus memberikan layanan perbankan yang terbaik, sekaligus komitmen untuk semakin berkontribusi bagi lingkungan sekitar, khususnya dimana perusahaan beroperasi.
Bank BJB pun senantiasa memperhatikan berbagai program sosial dan kemanusiaan yang digulirkan melalui CSR untuk membantu dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. CSR Bank BJB diimplementasikan melalui beragam kegiatan sosial yang menyentuh seluruh sektor mulai dari pendidikan, lingkungan hidup hingga kesehatan.
"Bank BJB ikut mendukung program pemerintah, dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, juga lingkungan hidup," ujar Yuddy.
Menurutnya, CSR atau program tanggung jawab sosial perusahaan merupakan dukungan bank bjb untuk mendorong terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Selain itu, penerapan program CSR Bank BJB merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).
"Penyaluran CSR Bank BJB merupakan bukti bahwa kami sangat peduli kepada masyarakat," ucap Yuddy.
Sebagai salah satu agen pembangunan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap penetrasi inklusi dan literasi keuangan, Bank BJB turut mensosialisasikan peran dan produk-produk keuangan perseroan yang didesain untuk memudahkan masyarakat merealisasikan rencana keuangan mereka.
Partisipasi aktif Bank BJB dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan juga dilakukan dengan berbagai kegiatan lain yang diinisiasi perseroan. Misalnya dengan konsisten menyelenggarakan Festival Inklusi Keuangan setiap bulan inklusi keuangan pada Oktober.
Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti pelajar, agen BJB BiSA Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dan nasabah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan para peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).
Sebagai salah satu garda terdepan dalam hal sosialisasi, Bank BJB mengandalkan agen Laku Pandai. Agen dengan call name BJB BiSA yang dimiliki Bank BJB ini menjadi salah satu ujung tombak pengenalan produk-produk perbankan kepada masyarakat.
Laku Pandai sendiri adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tanpa melalui jaringan kantor. Penyediaan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain dan didukung penggunaan sarana teknologi informasi.
Bank BJB bekerja sama dengan para agen yang berasal dari pelbagai jenis profesi macam petani, nelayan, perangkat desa, pensiunan, guru, ibu rumah tangga, pedagang, bidan dan sebagainya. Tak hanya dalam bentuk perorangan, agen BJB BiSA ini dapat berbentuk badan hukum, seperti koperasi, kelompok tani atau nelayan, BumDes, perusahaan dan lembaga lain sesuai dengan ketentuan OJK yang tersebar di Jawa Barat.
Bank BJB pun terus melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat dan komunitas, termasuk para pedagang, di berbagai daerah. Misalnya dengan memberikan edukasi transaksi digital melalui QRIS untuk memudahkan jual beli antara masyarakat dan pedagang pasar. Bank BJB juga turut memberikan edukasi pentingnya menabung sejak dini melalui tabungan Simpanan Pelajar (SimPel).
"Penghargaan dari LPS juga menjadi bukti Bank BJB merupakan perusahaan yang tangguh dan mampu berkembang pesat dalam menghadapi tantangan zaman. Prestasi ini dapat diraih atas kerja keras dan dedikasi seluruh insan Bank BJB dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat," pungkas Yuddy.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Bank BJB
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020