Bisnis
·
21 November 2020 21:55

Raja Salman Minta Vaksin COVID-19 Didistribusikan Secara Adil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Raja Salman Minta Vaksin COVID-19 Didistribusikan Secara Adil (49528)
Raja Salman bin Abdulaziz hadir melalui tautan video KTT virtual G20 dari Riyadh, Arab Saudi. Foto: Bandar Algaloud/Courtesy dari Pengadilan Kerajaan Saudi/Handout melalui REUTERS
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz petang ini memberikan sambutan dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 Ekonomi Utama (KTT G20) atau The G20 Riyadh Summit 2020. Dalam sambutannya, Raja Salman menyampaikan optimismenya dalam menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Raja Salman juga mengajak semua negara untuk tetap optimistis selagi menunggu pengembangan vaksin yang digadang-gadang bisa menjadi penawar bagi pandemi ini. Lebih dari itu, Raja Salman juga berpesan agar ketika nanti vaksin ditemukan, setiap negara harus bisa mendistribusikannya secara merata dan adil bagi semua warga negara.
“Meskipun kita optimistis dengan kemajuan yang dicapai dalam uji coba vaksin terapeutik dan diagnostik COVID-19, kita harus memastikan bahwa vaksin ini bisa diakses dengan terjangkau dan didistribusikan secara adil untuk semua orang,” ujar Raja Salman dalam Opening Remarks G20 Riyadh Summit, Sabtu (21/11).
Tidak hanya itu, Raja Salman juga berpesan agar semua negara belajar dari terjadi pandemi COVID-19. Menurutnya semua negara harus bisa bersikap lebih siap jika pandemi serupa terjadi di masa datang.
ADVERTISEMENT
“Pada saat yang sama, kita harus bersiap lebih baik untuk setiap pandemi di masa depan,” ujarnya.
Raja Salman Minta Vaksin COVID-19 Didistribusikan Secara Adil (49529)
Ilustrasi pertemuan KTT G20. Foto: Dok. g20.org
Di sisi lain, Raja Salman juga mengimbau agar semua negara dalam G20 bisa turut mendukung pemulihan ekonomi global dengan membuka kembali aktivitas ekonomi dan perbatasan. Tujuannya agar mobilitas perdagangan dan manusia bisa kembali bergerak.
“Kita harus memberikan dukungan kepada negara berkembang untuk menjaga pertumbuhan yang telah dicapai selama beberapa dekade terakhir. Di luar itu, kita perlu terus meletakkan fondasi dasar untuk pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif,” tandasnya.
Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 Ekonomi Utama (KTT G20) hari ini mulai berlangsung secara virtual. Pertemuan tersebut akan fokus membahas pemulihan ekonomi dunia pascapandemi COVID-19. KTT G20 tahun ini digelar secara virtual karena situasi pandemi virus corona yang masih berlangsung. Kegiatan ini akan berlangsung di Riyadh, Arab Saudi pada 21-22 November 2020.
ADVERTISEMENT