kumparan
4 November 2019 16:34

Raker Perdana di DPR, Menaker Beberkan Target Kerja Kemnaker

Ida Fauziah, POTRAIT
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Komisi IX menggelar rapat pertama kalinya dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Rapat ini sekaligus sebagai sarana perkenalan para anggota Komisi IX dengan kementerian yang dipimpin oleh Ida Fauziyah tersebut.
ADVERTISEMENT
Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IX Felly Esterlita Runtuwene dan dihadiri para anggota. Anggota Komisi IX seperti Krisdayanti dan Arzeti Bilbilina lalu memperkenalkan diri masing-masing dengan menyebutkan nama.
Setelah berkenalan, Felly lalu meminta Ida Fauziyah agar memaparkan rencana kerja selama 5 tahun ke depan. Ida Fauziyah mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan RPJMN 2020-2024 yang memang masih dimatangkan di Bappenas.
“Jadi yang saya sampaikan di sini rancangan teknokratiknya. Dalam rancangan teknokratik tersebut sudah disepakati ada sasaran makro pembangunan tahun 2020-2024 yang pertama TPT nya. TPT sekarang baru pada 5,01. 2024 diharapkan akan sampai pada 4,0-4,06,” kata Ida di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11).
Rapat Komisi IX DPR dengan Kemenaker
Rapat Komisi IX DPR dengan Kemenaker. Foto: Moh Fajri/kumparan
Ida mengakui diperlukan langkah serius dalam mencapai target tersebut. Mengenai tingkat kemiskinan, Ida menargetkan bisa ditekan pada angka 6,5 sampai 7 persen sampai tahun 2004.
ADVERTISEMENT
“Kemudian rasio gininya pada angka 0,370-0,374. Kalau sekarang kita pada angka 0,382 saya kira masih ada pekerjaan juga yang cukup serius. Kemudian indeks pembangunan manusianya ditargetkan pada 73,35 persen,” ujar Ida.
Sementara itu untuk PDB per kapita, Ida Fauziyah menargetkan ada di kisaran angka USD 6.160. Ida Fauziyah meminta partisipasi semua pihak agar target-target tersebut bisa dicapai sesuai yang direncanakan.
“Jadi kalau kita sekarang pada kisaran USD 3.970 an. 2024 berharap PDB per kapitanya sudah pada USD 5.780-6.160. Saya kira ini bukan main-main sasaran makro pembangunan 2020-2024,” ungkap Ida.
Lebih lanjut, Ida memastikan ada langkah-langkah lainnya yang disiapkan seperti mengurangi pengangguran sampai pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Ia menegaskan kebijakan yang diambil Kemenaker adalah berdasarkan visi misi Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan