Bisnis
·
13 Januari 2021 17:07

Rapat Pertama dengan DPR, Risma Beberkan Sederet Kendala Penyaluran Bansos

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rapat Pertama dengan DPR, Risma Beberkan Sederet Kendala Penyaluran Bansos (424572)
Tri Risma di acara Ngebuburit kumparan. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat realisasi bantuan sosial (Bansos) sepanjang 2020 hanya mencapai 97,09 persen. Menteri Sosial RI (Mensos) Tri Rismaharini pun merasa kurang puas dengan realisasi tersebut. Risma menilai program bansos tidak mencapai target 100 persen karena ada beberapa kendala.
ADVERTISEMENT
Misalnya untuk bansos nontunai, penyaluran terkendala karena banyak data penerima yang tidak lengkap.
“Kendalanya adalah karena data yang tidak lengkap. Jadi ini sekarang lagi menjadi konsentrasi saya dengan daerah untuk melengkapi karena tidak terkoneksinya dengan NIK. Sekarang ini menjadi PR kami,” ujar Risma dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, Rabu (13/1).
Rapat Pertama dengan DPR, Risma Beberkan Sederet Kendala Penyaluran Bansos (424573)
Mensos Tri Rismaharini saat blusukan bertemu pemulung dan gelandangan di aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial, Jakarta. Foto: Kemensos RI
Menurut Risma, data yang tidak lengkap ini menyebabkan kegagalan di dalam setting wallet sehingga perbankan tidak berhasil menyalurkan bantuan tersebut. Data yang tidak valid ini juga ditemukan dalam bansos program keluarga harapan (PKH). Risma mengatakan pihaknya menemukan banyak data yang tidak valid. “Ada data KPM yang non eligible,” tambahnya.
Kemudian untuk bansos tunai, pelaksanaannya terkendala lantaran disebabkan kondisi geografis yang sulit di beberapa wilayah.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk bansos sembako di wilayah Jabodetabek, faktor jasa angkut juga jadi persoalan. Tidak hanya itu, penyaluran bansos beras juga tersendat lantaran terjadinya cuaca ekstrem di beberapa wilayah. “Kemudian Bansos beras bagi KPM PKH karena kondisi cuaca ekstrem,” tutupnya.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white