Bisnis17 September 2020 16:33

Ratakan Ekonomi, Kemenhub Fokus Konektivitas Laut di Wilayah Timur

Konten Redaksi kumparan
Ratakan Ekonomi, Kemenhub Fokus Konektivitas Laut di Wilayah Timur (23146)
Kapal Tol Laut saat berlayar. Foto: Dok. Kemenhub
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan konektivitas transportasi laut bakal terus ditingkatkan. Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo mengakui selama ini akses di daerah terluar masih belum gampang dijangkau.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Agus bakal memprioritaskan kawasan terluar bisa terakses transportasi laut. Hal itu, kata Agus, juga berdampak kepada pemerataan ekonomi di Indonesia.
“Memang kondisi pertumbuhan ekonomi di Indonesia belum merata bahkan cenderung sentra-sentra ekonomi itu ada di wilayah barat, di Jawa. Sehingga fokus dari kami adalah bagaimana supaya kawasan tertinggal, terluar bisa dilakukan angkutan sehingga terjadi konektivitas,” kata Agus saat webinar Hari Perhubungan Nasional, Kamis (17/9).
Ratakan Ekonomi, Kemenhub Fokus Konektivitas Laut di Wilayah Timur (23147)
Dirjen Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
“Jadi kalau diketahui mayoritas di Jawa, Sumatera pertumbuhan ekonominya, nah ini kita banyak fokus di daerah timur,” tambahnya.
Agus mengungkapkan saat ini pihaknya sudah menyiapkan jaringan-jaringan angkutan laut baik orang maupun logistik yang bakal menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Ia mencontohkan saat ini ada 26 kapal besar dari PT Pelni yang berlayar dari Belawan sampai Merauke.
ADVERTISEMENT
Selain untuk penumpang, kapal perintis dan untuk hewan juga disiapkan. Sehingga potensi khususnya yang ada di wilayah timur bisa dikirimkan ke daerah lainnya.
“Kemudian juga ada kapal ternak yang melintasi jalur-jalur mulai dari NTT sampai Jawa ada, sampai ke Sumatera, sampai Sulawesi untuk bisa mendistribusikan potensi ternak di kawasan NTT ke daerah lain,” ungkap Agus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white