kumparan
18 Apr 2019 19:31 WIB

Redam Harga Bawang Putih, Operasi Pasar Digelar di Jakarta - Papua

Ilustrasi bawang putih Foto: Helmi/kumparan
Untuk meredam harga bawang putih yang menembus Rp 40.000 per kilogram (kg), Kementerian Perdagangan menyatakan akan menggelar operasi pasar (OP) di Jakarta hingga Papua.
ADVERTISEMENT
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag, Tjahya Widayanti, berharap harga bawang putih yang tengah melonjak ini bisa turun ke level Rp 30.000 - 35.000 per kg, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.
“Hari ini kita launching OP bawang putih atas bantuan importir. Nanti importir lain juga akan membantu untuk suplai stok OP supaya masyarakat tidak lagi dapat harga mahal. Apalagi sebentar lagi puasa, biar harga enggak tinggi seperti tahun 2017 kemarin," katanya saat ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (18/4).
Untuk di Jakarta sendiri, Kemendag akan melakukan OP bawang putih di sejumlah lokasi. Pasar-pasar yang jadi tujuan OP di Jakarta adalah Pasar Senen, Pasar Minggu, Pasar Jatinegara, Pasar Kramat Jati, Pasar Baru, Pasar Tomang Barat, Pasar Glodok, Pasar Bahari, Pasar Tanah Abang, Pasar Klender, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Palmerah.
ADVERTISEMENT
"Kalau di Jakarta, importir yang akan melakukan OP bawang putih ini dari PT Mahkota Abadi Prima Jaya," kata Tjahya.
Kemendag juga akan menggelar OP bawang putih di daerah yang mengalami kenaikan harga bawang putih. Beberapa diantaranya adalah Riau, Jambi, Palembang, Lampung, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado, Gorontalo, hingga Jayapura.
Di Riau, Kemendag akan lakukan OP bawang putih di Pasar Pusat dan Cik-Puan. Sementara, di Jambi, OP bawang putih akan dilakukan di Pasar Angso Duo dan Talang Banjar.
Untuk wilayah Palembang, pasar yang akan jadi sasaran OP adalah Pasar 16 Ilir, Pasar Lemabang, Pasar Cinde, dan Pasar Km.5. Kemendag juga akan lakukan OP bawang putih di Lampung. Beberapa pasar yang jadi incaran adalah Pasar Panjang, Pasar Kangkung, Pasar Bambu Kuning, Pasar Smep, dan Pasar Tamen. Stok OP di empat daerah ini akan dipasok oleh PT Setia Pesona Indo Agro.
ADVERTISEMENT
Di Semarang, OP bawang putih akan dilakukan di lima pasar, yakni Pasar Johar, Pasar Bulu, Pasar Peterongan, Pasar Karangayu, dan Pasar Gayam Sari.
Kemudian, di Surabaya, OP bawang putih akan dilakukan di Pasar Tambakrejo, Pasar Pucang, Pasar Genteng, Pasar Wonokromo, dan Pasar Keputaran. CV Sinar Padang Sejahtera akan menjadi importir pemasok OP bawang putih di wilayah Semarang dan Surabaya.
Sementara itu, di Samarinda, OP bawang putih akan dilakukan di Pasar Segiri, Pasar Pagi, Paasar Rahmat, dan Pasar Sungai Dama. Untuk wilayah Manado, Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan akan dijadikan wilayah OP.
Di Gorontalo, Kemendag akan lakukan OP di Pasar Sentral. Terakhir, di Jayapura, OP bawang putih akan dilakukan di Pasar Youtefa, Pasar Hamadi, Pasar Ampera, Pasar Dok IX, dan Pasar VIM.
ADVERTISEMENT
"Untuk wilayah Manado, Gorontalo, dan Jayapura, stok bawang putih akan dipasok dari PT Mahkota Abadi Prima. Sementara untuk jumlah stok bawang putih yang khusus untuk OP ini masih kita data semua," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan