Resep Bikin Bisnis Kuliner Kamu Makin Renyah!

2 Agustus 2022 11:37
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi bisnis kuliner di Indonesia. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bisnis kuliner di Indonesia. Foto: Shutterstock
Bisnis kuliner dianggap sebagai salah satu usaha yang "tidak akan ada habisnya”. Selama masyarakat masih membutuhkan asupan makanan, di situlah bisnis kuliner tetap bisa berjalan.
Hal itu diperkuat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa industri skala mikro-kecil (IMK) di Indonesia didominasi oleh sektor makanan. Angkanya bahkan mencapai 1.5 juta pada tahun 2020. Di bawah bisnis makanan, sektor menarik lainnya ada kayu (non-furnitur), pakaian jadi, tekstil, dan lain-lain.
Itu artinya, banyak bisnis kuliner yang dipilih oleh masyarakat dan bersaing secara produktif di Indonesia. Meskipun tampak banyak saingan, tentu bisnis ini tetap menjanjikan. Pasalnya, ada banyak jenis kuliner yang bisa dikreasikan dan menjadi satu peluang bisnis.
Saat ini, bisnis kuliner pun dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Mulai aplikasi media sosial untuk sarana pemasaran, pilihan opsi pembayaran yang semakin beragam berkat e-wallet besutan fintech, hingga bergabung di e-commerce.
Seperti Blibli, platform omnichannel commerce ini menyediakan kategori produk khusus untuk tempat makan dan aneka produk food and beverage segar bernama Blibli Resto, dan memiliki berbagai program dan benefit bagi para pelaku usaha yang bergabung didalamnya. Seperti adanya program bebas biaya ongkir seluruh logistik termasuk fitur pengiriman Instant dan SameDay.
Selain itu, seller tentu saja bisa memanfaatkan berbagai program layanan yang diberikan Blibli bagi para pelanggan seperti beragam pilihan metode pembayaran mulai dari kartu kredit, e-wallet, hingga bank digital blu. Serta layananan Customer Service 24 jam 7 hari.
Dengan begitu, seluruh seller di Blibli bisa menjangkau pasar lebih luas dan mengirimkan produknya ke berbagai daerah, tanpa penambahan biaya. Ini sangat membantu pebisnis kuliner untuk menjangkau para pembeli di area lain.

Roadshow Blibli Hadir di Kota Depok

Rodshow Blibli di Depok, "Rahasia Kembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler". Foto: Dok kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Rodshow Blibli di Depok, "Rahasia Kembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler". Foto: Dok kumparan
Melihat besarnya peluang dan untuk menjawab permasalahan jangkauan pasar dalam bisnis kuliner, Blibli menggelar Blibli Offline Roadshow untuk membagikan resep sukses, berkolaborasi, dan menjangkau para pelaku usaha di Jabodetabek.
Setelah sebelumnya berlangsung di Jakarta, Roadshow Blibli akan kembali diselenggarakan di kota Depok dengan tema “Rahasia kembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler”. Acara ini akan menghadirkan narasumber berpengalaman di dunia bisnis kuliner seperti Owner Sambal RoaRia, yaitu Titin dan Clay Wala.
Mereka tak sendiri sebab acara ini juga akan menghadirkan Community Team at Blibli, Zahra Ilmiyati Hadi.
Acara ini akan digelar pada, Kamis, 4 Agustus 2022 di Warunk Upnormal Cinere, Depok pada pukul 15.00–17.00 WIB. Di sini akan dibahas apa saja tantangan yang harus dihadapi para pebisnis bidang kuliner dan tips untuk menjalankan usaha dengan lancar.
Tak hanya mendapatkan insight menarik seputar bisnis kuliner, juga akan ada Game Session (Promo Berantai) dari Blibli dengan hadiah menarik. Mingle Session akan dihadirkan sebagai penutup untuk membuka kesempatan bagi sesama peserta untuk ngobrol seputar bisnis kuliner di Blibli.
Tertarik untuk ikutan? Yuk, gabung dengan komunitas Blibli Seller dengan follow instagram @blibliseller! Di dalam komunitas ini, akan ada berbagai informasi mengenai jadwal aktivitas yang akan menunjang peningkatan performa penjualan online.
Aktivitasnya menarik. Mulai dari workshop yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia seperti roadshow ini, training online dan offline, sharing informasi berbagai pengalaman dan tips mengenai berjualan, serta pemberian edukasi dari tim Blibli. Yuk, buka toko di Blibli dan ikuti kegiatan serunya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Blibli