kumparan
12 Oktober 2018 9:40

Rupiah Mulai Menguat, Pagi Ini Rp 15.175 per Dolar AS

Uang dolar dan rupiah
Uang dolar dan rupiah di salah satu tempat penukaran mata uang asing/money changer. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Rupiah perlahan mulai menguat. Pagi ini, dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah terhadap rupiah. Mata uang Paman Sam tersebut lengser dari posisi Rp 15.200. Sebelumnya, bahkan dolar AS sempat menyentuh level tertingginya di Rp 15.300.
ADVERTISEMENT
Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (12/10), dolar AS dibuka di Rp 15.230 dan terus turun hingga menyentuh level terendahnya pagi ini di Rp 15.175.
Secara year to date (ytd) atau dari awal tahun hingga saat ini, dolar AS masih menguat terhadap rupiah sebesar 11,84 persen.
Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada dalam risetnya menyebutkan, masih adanya penilaian negatif terhadap kondisi ekonomi internal Indonesia membuat laju rupiah sulit untuk bertahan positif.
Ilustrasi pergerakan dolar.
Ilustrasi pergerakan dolar. (Foto: Youtube/Kurzgesagt – In a Nutshell)
Akibatnya pergerakan rupiah kembali mengalami pelemahan. Masih adanya kekhawatiran terhadap potensi kenaikan suku bunga The Fed memberikan imbas negatif pada pergerakan rupiah.
Prediksi Rupiah:
Diperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.238-Rp 15.220. Pergerakan USD yang berbalik melemah diikuti dengan penurunan imbal hasil obligasi AS diharapkan dapat mengurangi tekanan pada rupiah. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan