Bisnis
·
16 Agustus 2020 13:55

Saat Brompton Digemari Pejabat dan Bos BUMN, Jokowi Malah Koleksi Sepeda Lokal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Saat Brompton Digemari Pejabat dan Bos BUMN, Jokowi Malah Koleksi Sepeda Lokal (280326)
Jokowi dan koleksi sepedanya. Foto: Instargam/@jokowi
Presiden Jokowi menunjukkan sepeda buatan atau produk Indonesia yang menjadi koleksinya. Dalam postingan pada Minggu (16/8) itu, Jokowi mengunggah 3 foto sepeda berjenis sepeda lipat dan sepeda gunung.
ADVERTISEMENT
"Ini sepeda yang saya pakai, ada Kreuz, ada Polygon, ada Element. Semuanya buatan Indonesia," tulis Jokowi dalam akun Instagram-nya seperti dikutip kumparan.
Unggahan tersebut tentu menarik perhatian publik. Sebab, belakangan ini banyak masyarakat hingga pejabat yang hobi mengoleksi atau memamerkan sepeda dengan harga tidak murah seperti Brompton. Selain itu, para pejabat juga diketahui pernah menaiki Sepeda Brompton.
Berikut ini beberapa pejabat yang memilih mengoleksi atau sekadar menaiki sepeda Brompton:
Saat Brompton Digemari Pejabat dan Bos BUMN, Jokowi Malah Koleksi Sepeda Lokal (280327)
Jokowi dan koleksi sepedanya. Foto: Instagram/@jokowi

Eks Dirut Garuda Indonesia

Eks Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ari Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dikenal publik suka menaiki Sepeda Brompton. Sepeda Brompton itu juga membuat jabatan Ari Ashkara sebagai bos Garuda harus dicopot.
Ari kedapatan menyelundupkan sepeda Brompton di dalam pesawat baru milik Garuda Indonesia. Kasus itu terungkap, setelah Ditjen Bea Cukai memeriksa pesawat Airbus A330-900 yang baru tiba di hanggar GMF di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/11).
Saat Brompton Digemari Pejabat dan Bos BUMN, Jokowi Malah Koleksi Sepeda Lokal (280328)
Seorang karyawan perusahaan sepeda Brompton, mengerjakan komponen untuk sepeda lipat di jalur produksi di kantor pusat perusahaan di London. Foto: AFP/LEON NEAL

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani mulanya sempat kaget mengetahui harga Sepeda Brompton yang diselundupkan Ari Ashkara mencapai puluhan juta rupiah. Ia penasaran bagaimana rasanya menaiki sepeda jenis tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, Sri Mulyani pernah merasakan duduk di atas sadel sepeda Brompton. Hal ini terjadi saat peringatan Hari Oeang ke-71, pada 28 Oktober 2017 silam. Acara tersebut antara lain dimeriahkan dengan kegiatan sepeda santai.
Saat itu, Sri Mulyani menggunakan sepeda Brompton NYC Edition. Sepeda itu disediakan oleh panitia acara. Harganya sekitar Rp 30 jutaan. Tak sampai Rp 50 jutaan seperti yang diselundupkan di pesawat Garuda.

Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah ini memang penyuka olahraga sepeda. Ia mengoleksi berbagai jenis sepeda, termasuk jenis urban bike merek Brompton.

Ahmad Sahroni

Anggota DPR RI Komisi III dari fraksi Nasdem Ahmad Sahroni juga dikenal sering memamerkan Sepeda Brompton miliknya. Hal itu juga bisa dilihat dari akun sosial media pria yang juga dikenal dengan julukan Crazy Rich Tanjung Priok.
ADVERTISEMENT

Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga pernah menggowes sepeda Brompton yang diunggahnya pada Minggu (15/12). Saat itu, Susi sedang menikmati Car Free Day (CFD) di Jakarta. Susi bercerita dia bersepeda dengan rute Hotel Borobudur, Monas, dan Senayan melewati area CFD.

Sandiaga Uno

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memang dikenal juga sebagai sosok yang rajin olahraga termasuk bersepeda. Seringkali Sandi mengunggah aktivitas bersepeda merek Brompton di akun media sosial.
Terbaru, Sandi dikabarkan melelang sepeda Brompton miliknya dalam acara donor darah bertema "Buktikan Merah Putihmu dengan Menyumbangkan Darah Merahmu”. Brompton yang dimiliki Sandi diketahui Brompton tipe CHPT3 yang harganya ditaksir di atas Rp 60 juta.
ADVERTISEMENT