Bisnis
·
30 Juli 2021 7:22
·
waktu baca 4 menit

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Usaha Parekraf Taati PPKM Level 4

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sandiaga Uno Dorong Pelaku Usaha Parekraf Taati PPKM Level 4 (499918)
searchPerbesar
Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan sambutan di acara Virtual Bincang Parekraf dengan KBRI dan Diaspora Indonesia di Qatar, Sabtu (24/7) Foto: Dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendorong para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam PPKM Level 4 yang berlangsung 26 Juli - 2 Agustus 2021.
ADVERTISEMENT
"Perpanjangan PPKM Level 4 pada 26 Juli - 2 Agustus 2021 adalah upaya bersama kita secara kolektif untuk menurunkan kasus Covid-19. Apalagi varian Covid-19 delta ini dinamikanya sangat luar biasa dari segi penularan. Oleh sebab itu meski terasa berat kebijakannya ini namun sangat strategis dan penting untuk kita bisa menekan penularan Covid-19," ujar Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (29/7).
Ia menyebutkan dalam kebijakan masa PPKM Level 4 ini ada pelonggaran sejumlah aktivitas dan mobilitas masyarakat dengan melihat angka COVID-19 yang semakin membaik.
Indikator lainnya seperti tingkat keterisian rumah sakit juga terpantau semakin kondusif maka sejumlah peraturan disesuaikan. Sehingga masyarakat masih bisa melakukan aktivitas ekonomi walaupun dengan sejumlah pembatasan.
Pihaknya selalu pantau kondisinya di lapangan. Misalnya di PPKM sebelumnya untuk usaha makanan kuliner hanya diperbolehkan take away, sedangkan dalam PPKM Level 4 pengunjung diperbolehkan makan di tempat dengan pembatasan waktu 20 menit dan jam buka hingga 20.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Memang banyak yang menyatakan sangat susah sekali untuk memantau 20 menit. Tapi intinya pesan yang jelas dari kebijakan ini adalah bahwa kita harus bergegas, pelaku kuliner menyiapkan makanan lebih cepat sehingga tidak berpotensi menghadirkan kerumunan. Untuk pelanggan seandainya harus mengkonsumsi di tempat juga mengkonsumsi makanan dengan kehati-hatian," tambah Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno Dorong Pelaku Usaha Parekraf Taati PPKM Level 4 (499919)
searchPerbesar
Sandiaga Uno mengunjungi salah satu spot wisata di Danau Toba, Adian Nalambok, Kamis (10/6). Foto: Dok. Istimewa
Kemudian untuk pasar rakyat yang menjual di luar kebutuhan pokok seperti fashion dan busana muslim diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai pukul 15.00 WIB.
"Ini kita mendapat apresiasi dan harapan agar lebih dilonggarkan. Kita akan berjuang bersama agar lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif ini tetap terjaga. Namun kita butuh kerja sama pengunjung, masyarakat, dan pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mendukung kebijakan PPKM Level 4 ini," kata Sandiaga Uno.
ADVERTISEMENT
Kemenparekraf kata Sandiaga Uno siap dan berkomitmen mendukung perpanjangan kebijakan PPKM Level 4 dengan menyerukan agar para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif menyesuaikan dengan aturan pemerintah.
"Saya garis bawahi bahwa kebijakan perpanjangan PPKM Level 4 ini untuk mendorong penurunan kasus COVID-19, dan kesempatan untuk membuka ekonomi kita agar masyarakat bisa merasakan kelonggaran di sektor ekonomi yang diharapkan dapat membangkitkan dan memulihkan kehidupan masyarakat di sektor Parekraf," tegas Sandiaga Uno.
Pihaknya, lanjut Sandiaga Uno, juga mulai meluncurkan bantuan yang dapat kami berikan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di sektor terbawah yang membutuhkan.
"Kami melihat program-program mitigasi antara lain berupa bantuan insentif pemerintah kita percepat, bantuan sosial yang disalurkan lintas kementerian dan lembaga sesuai arahan Presiden kita akselerasi, dan bantuan likuiditas kita realokasi," jelas Sandiaga Uno.
ADVERTISEMENT
Sehingga Kemenparekraf bisa hadir di tengah masyarakat, tidak hanya di aspek kesehatan dengan vaksinasi COVID-19 bagi 34 juta pelaku parekraf, ketersediaan obat-obatan dan vitamin, tapi juga menghadirkan kembali mata pencaharian bagi masyarakat secara maksimal.
"Kami juga mempercepat bergulirnya dana bantuan pelaku usaha pariwisata dari yang kita targetkan PEN Rp 2,4 triliun. Dana PEN ini kita lengkapi dengan lintas kementerian dan lembaga kolaborasi seperti program prakerja, soft loan," ungkap Sandiaga Uno.
Meskipun saat ini tentunya usaha ini tidak lagi bisa mendapatkan pinjaman, tapi setidaknya mereka bisa memiliki likuiditas untuk modal usaha baik startup maupun ekonomi kreatif.
"Termasuk bantuan insentif pemerintah sebesar Rp 60 miliar yang kita dorong sebagai jaring pengaman usaha. Ini kita khususkan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga Uno.
ADVERTISEMENT
Kemenparekraf juga terus mendorong di PPKM Level 4 ini untuk percepatan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Hygiene, Sanitation, and Environment). Hal ini dikarenakan pihaknya ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif serta destinasi wisata ini aman dikunjungi dan memiliki kepatuhan terhadap protokol 3M dan 3T.
"Kita siapkan fasilitas nya, dan ini adalah pola prokes di era baru untuk membantu pemerintah mengurangi menekan laju penularan COVID-19. Vaksinasi ini game changer, kita akan dorong terus tingkatkan vaksinasi setiap hari menuju target yang ditetapkan pemerintah 2 juta vaksinasi per hari," tambah Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno menekankan bahwa kebijakan yang diambil Kemenparekraf tetap mengedepankan aspek kesehatan dan ekonomi secara simultan dan seimbang dengan mengedepankan masukkan dari berbagai aspek demi pemilihan ekonomi Indonesia setelah COVID-19 bisa dikendalikan dan mereda.
ADVERTISEMENT
"Kami siap dari Kemenparekraf hadir dengan kebijakan berpihak kepada masyarakat, berkeadilan, tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan kita ingin buka lapangan pekerjaan seluas-luasnya di sektor yang selama ini menjadi sumber nafkah bagi banyak sekali masyarakat Indonesia," tutup Sandiaga Uno.