kumparan
1 Mar 2019 14:44 WIB

Sasar Milenial, Sukuk Ritel SR-011 Dijual Mulai Rp 1 Juta

Peluncuran Sukuk Ritel Seri SR-011 Oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman (kiri). Foto: Selfy Momongan/kumparan
Kementerian Keuangan hari ini resmi menawarkan sukuk ritel seri SR-011 dengan tingkat imbalan atau kupon 8,05 persen per tahun. Instrumen ini ditawarkan khusus bagi investor individu.
ADVERTISEMENT
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman, mengatakan minimal pemesanan sukuk ritel SR-011 sebesar Rp 1 juta. Dia berharap besaran tersebut tidak terlalu memberatkan sehingga masyarakat terutama milenial bisa ikut memesan.
“(Menyasar milenial) Termasuk salah satunya. Kayak misalnya 2 penerbitan kemarin SBR dan ST alhamdulillah milenial bisa mencapai 51 persen. Tapi kalau segi pembelian per investornya itu memang lebih kecil dan yang lebih besar generasi baby boomer,” ungkap Luky di Hotel DoubleTree by Hilton, Jakarta, Jumat (1/3).
com-Ilustrasi Karier Milenial Foto: Thinkstock
Menurut Luky, pemerintah kini terus berupaya untuk memperkuat basis investor domestik termasuk ritel. Untuk itulah Kemenkeu juga meningkatkan kinerja SBR ritel dengan menerbitkannya satu kali per bulan.
Menurut Luky, tujuannya adalah agar masyarakat selalu punya kesempatan untuk ikut jadi investor. Rentang waktu satu bulan sekali juga dianggap sebagai pilihan terbaik agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu.
ADVERTISEMENT
“Kalau dulu kan seolah setahun 2 kali dan orang nunggu-nunggu. Sekarang kita buka kesempatan setiap bulan ada. Jadi tergantung kebutuhan dari investor. Jadi sekarang ada pilihan enggak harus kapan yaa nunggu-nunggu ada ritel. Sebab setiap bulan ada,” tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan