kumparan
search-gray
Bisnis28 Mei 2020 17:45

Sehari Jelang Batas Akhir, Sudah 47,9 Juta Orang Isi Sensus Penduduk Online

Konten Redaksi kumparan
Sensus Penduduk Online
Seorang perempuan melintas di depan tulisan "Sensus Penduduk 2020" di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Batas pengisian sensus penduduk online akan berakhir pada Jumat 29 Mei 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) terus mendata masyarakat yang sudah mengisi sensus tersebut.
ADVERTISEMENT
Sampai hari ini, ada 47,9 juta penduduk yang tercatat mengisi atau input data sensus secara online. Jumlah itu meningkat dibandingkan Selasa (26/5), yang baru 46,6 juta penduduk.
"Capaian per hari ini (penduduk mengisi sensus online) sudah mencapai 47,9 juta," kata Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono, saat dihubungi, Kamis (28/5).
BPS sebelumnya menargetkan penduduk yang mengikuti sensus online sebanyak 61 juta orang. Sensus penduduk online bisa diakses di laman sensus.bps.go.id.
Sensus Penduduk Online
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk secara online di ruang kendali eksekutif sensus penduduk Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Selain secara online, sensus penduduk secara manual juga bakal dilakukan pada 1-30 September 2020. Namun, sensus penduduk manual akan dilakukan modifikasi untuk mencegah mewabahnya virus corona.
Semula, petugas akan mendatangi satu per satu rumah warga dan menanyakan sejumlah pertanyaan. Cara tersebut tetap akan dilaksanakan, hanya saja lembar pertanyaan diberikan kepada warga dan diambil kembali oleh petugas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white