Bisnis
·
8 Desember 2020 13:26

Siasat Medco 40 Tahun Bertahan di Industri Energi Nasional

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Siasat Medco 40 Tahun Bertahan di Industri Energi Nasional  (49151)
searchPerbesar
Ilustrasi kilang minyak Foto: Reuters/Todd Korol
PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) merupakan perusahaan energi nasional berusia 40 tahun. Perusahaan berhasil bertahan dari dinamisnya industri energi yang kerap diterpa isu besar, seperti wabah corona saat ini.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, mengatakan perusahaan telah menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnisnya.
Misalnya saat ini yang harus menghadapi rendahnya harga minyak serta permintaan akibat pandemi corona. Dia mengaku kondisi tersebut berdampak terhadap operasi dan kinerja perseroan.
"Dengan fokus utama menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja dan kontraktor, Perseroan dengan cepat menyesuaikan target operasi serta pola kerja baru di masa new normal sehingga tetap mampu beroperasi dengan baik tanpa gangguan”, ujar Hilmi dalam acara Media Gathering virtual, Selasa (8/12).
Dia mengaku bangga dalam kondisi penuh tantangan ini, perusahaan tetap berhasil menjalankan strategi dengan baik, termasuk sukses melakukan kegiatan eksplorasi di Natuna dan Ijen Geothermal.
Keterlibatan Medco pada dua proyeknya tersebut, kata dia, sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung Pemerintah menjaga ketahanan energi nasional.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya aliansi Kansai Electric, eksplorasi yang sukses dan AMNT yang kembali membukukan laba. Dia mengaku menjadi suatu kebanggaan melihat MedcoEnergi berkembang di tengah masa yang sulit ini menjadi Perusahaan yang lebih kuat.
Siasat Medco 40 Tahun Bertahan di Industri Energi Nasional  (49152)
searchPerbesar
Direktur Utama Medco Hilmi Panigoro di Energy Building, Jakarta, Selasa (2/4). Foto: Ema Fitriyani/kumparan
"Saya juga berterima kasih atas apresiasi SKK Migas melalui pemberian tujuh penghargaan dalam bidang Operational Excellence & Supply Change Management atas komitmen MedcoEnergi untuk terus berinovasi serta kerja keras dan kedisiplinan para pekerja dan penerapan pilar-pilar Operational Excellence mulai dari produksi, pemeliharaan, pengeboran, pengerjaan sumur hingga eksekusi proyek," katanya.
Penghargaan tersebut baru saja diperoleh pada acara International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas, Jumat pekan lalu secara virtual.
Dia mengatakan, Medco akan terus berkembang menjadi perusahaan energi terkemuka di Asia Tenggara dengan tiga segmen bisnis utama, yaitu migas, ketenagalistrikan dan pertambangan.
ADVERTISEMENT