Bisnis
·
11 Juni 2018 7:24

Situs DJP Diretas Hacker, Data-data Wajib Pajak Aman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Situs DJP Diretas Hacker, Data-data Wajib Pajak Aman (8587)
Ilustrasi Hacker (Foto: Thinkstock)
Situs pajak.go.id milik Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak/DJP) Kementerian Keuangan sejak kemarin diretas oleh hacker. Berdasarkan penelusuran kumparan pagi ini, website resmi milik Ditjen Pajak masih menampilkan tulisan Hack by Anonymous Arabe yang menyebabkan situs tersebut tidak bisa diakses.
ADVERTISEMENT
Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga, atas kejadian tersebut, pihaknya menghentikan terlebih dahulu website pajak.go.id. 
"Sementara kami off kan dulu (under maintenance) dan segera dipulihkan agar masyarakat/WP dapat mengakses lagi seperti biasanya," kata Yoga saat dihubungi kumparan, Senin (11/6).
Situs DJP Diretas Hacker, Data-data Wajib Pajak Aman (8588)
Gedung AA Maramis di Komplek Kemenkeu (Foto: Wikipedia)
Yoga meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan peretasan yang terjadi. Ia juga memastikan, meskipun saat ini website pajak.go.id tersebut diretas namun data-data WP tetap aman. Apalagi, kata dia, Ditjen Pajak hingga saat ini masih melakukan penanganan. 
"Data-data WP aman, karena tidak terdapat di website tersebut dan tidak dapat diakses melalui website tersebut. Demikian juga aplikasi dan fitur-fitur lainnya juga tidak terganggu. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," jelasnya. 
ADVERTISEMENT
Yoga menjelaskan, modus yang dilakukan oleh hacker tersebut yaitu Deface. Di mana tampilan muka atau beranda diganti dengan yang lain. Untuk di website pajak.go.id sendiri diubah dan menampilkan gambar seorang wanita yang membawa bendera Palestina.