kumparan
31 Oktober 2019 11:03

Sri Mulyani ke Menteri Muda: Ide Tak Dieksekusi Pengaruh ke APBN

Sri Mulyani di Festival Transformasi 2019
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Festival Transformasi 2019 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/10). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Menteri Keuangan Sri Mulyani hari ini menghadiri kegiatan CEO Networking 2019 di Pacific Place, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Dalam paparan yang dia sampaikan, Sri Mulyani menyebut tantangan anggaran belanja di tahun 2020. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah para menteri muda yang masuk dalam kabinet Indonesia Maju.
“Saya sampaikan kepada menteri-menteri muda, yang saya yakin idenya banyak, make sure bahwa ide yang banyak itu tidak membuat terjadinya slow down dari sisi belanja,” katanya pada acara CEO Networking 2019 di Pacific Place, Jakarta, Rabu (31/10).
Pembukaan CEONetworking 2019 di Pacific Place
Pembukaan CEO Networking 2019 di Pacific Place, Jakarta. Foto: Elsa Olivia/kumparan
Menurut Sri Mulyani, ide-ide baru menteri muda ini bagus dan wajar saja disampaikan. Hanya saja, rentan membuat rencana-rencana lama yang telah ditanam tidak dieksekusi.
“Saya rasa ini yang akan jadi salah satu tantangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita di tahun depan,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dia juga berpesan kepada menteri baru di kabinet agar bisa tanggung jawab terhadap percepatan belanja kementerian menjelang akhir tahun 2019. Sebab, biasanya dalam bulan-bulan terakhir ini akan terjadi akselerasi belanja di kementerian/lembaga.
“Kemarin ada kabinet baru kita langsung rapat dan memberi briefing terutama untuk menteri-menteri baru untuk tanggung jawab menjaga agar momentum akselerasi budget eksekusi 2019 ini bisa jalan. Biasanya dalam dua bulan terakhir di tahun ini akan terjadi akselerasi sehingga mohon kepada menteri baru itu bisa lihat ke dalam,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan