kumparan
14 Juli 2019 15:46

Sri Mulyani: Tak Ada Perubahan PPN Avtur

com-Pengisian bahan bakar Avtur oleh Pertamina
com-Pengisian bahan bakar Avtur oleh Pertamina Foto: Dok. Pertamina
Pemerintah sejauh ini belum memiliki rencana untuk melakukan perubahan terhadap pajak pertambahan nilai atau PPN untuk avtur. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pajak avtur sejauh ini masih akan dilaksanakan sesuai aturan yang telah ada.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada. Kami lihat yang selama ini sudah berjalan nanti kita lihat kebutuhannya seperti apa," kata Sri Mulyani kepada usai mengikuti acara Dies Natalis ke-4 Politeknik Keuangan Negara STAN, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (14/7).
Sri Mulyani juga enggan menjelaskan lebih jauh mengenai kemungkinan Kementerian Keuangan mengkaji aturan ini. Adapun pernyataan Sri Mulyani ini sedikit berbeda dengan yang pernah dia sampaikan pada Februari 2019.
Saat itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyampaikan bersedia untuk mengkaji besaran pajak avtur agar setara dengan negara-negara lain mengingat masalah tersebut dituding sebagai salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat.
"Kita bersedia untuk meng-compare dengan negara lain. Kita selalu bandingkan dengan Singapura, Kuala Lumpur. Kalau treatment PPN itu sama, kita akan berlakukan sama," kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Selasa, (12/2).
ADVERTISEMENT
Kajian penurunan PPN avtur tersebut juga dilakukan agar tidak ada lagi kompetisi yang tidak sehat antara Indonesia dengan negara lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan