kumparan
30 Mei 2018 17:11

Suku Bunga Acuan Naik, BI Tetap Targetkan Kredit Perbankan Tumbuh 12%

Gedung Bank Indonesia
Gedung Bank Indonesia (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 50 basis poin (bps) selama Mei ini menjadi 4,75%. Namun demikian, pertumbuhan kredit perbankan tetap diperkirakan tumbuh hingga dua digit.
ADVERTISEMENT
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral akan bekerja sama dengan regulator terkait untuk terus melakukan pemantauan dari dampak kenaikan bunga acuan terhadap bunga kredit perbankan. Menurutnya, kenaikan suku bunga acuan yang sebesar 50 bps di bulan ini diharapkan tak akan berdampak ke bunga kredit perbankan.
"Pertumbuhan kredit ini kalau kami melihat, kami masih belum lakukan perubahan berapa jumlah kredit yang akan tumbuh, masih tetep seperti semula (sesuai target)," ujar Perry di Gedung BI Thamrin, Jakarta, Rabu (30/5).
Sepanjang tahun ini, BI menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 10-12%, sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) berada pada kisaran 9-11%.
Namun demikian, Perry mengakui, pertumbuhan kredit perbankan saat ini masih lambat. Hingga akhir Maret 2018, penyaluran kredit perbankan mengalami pertumbuhan 8,54% (yoy), melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 9,1% (yoy).
ADVERTISEMENT
"Kami melihat pertumbuhan kredit melambat, tapi lebih disebabkan oleh demand (permintaan) dan ini fungsinya adalah kaitannya dengan pertumbuhan. Kalau PDB kita meningkat itu pasti pertumbuhan kreditnya akan tumbuh juga," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan