Bisnis
·
16 Oktober 2020 19:10

Tak Punya Sawah dan Petani, 95 Persen Bahan Pangan DKI Bergantung Daerah Lain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Punya Sawah dan Petani, 95 Persen Bahan Pangan DKI Bergantung Daerah Lain (14561)
Suasana sawah di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Pemenuhan bahan pangan menjadi masalah tersendiri di DKI Jakarta. Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi, mengatakan kendala yang sudah terlihat adalah di Jakarta tidak banyak petani.
ADVERTISEMENT
“Di Jakarta kita tidak punya sawah, kita tidak punya petani. Maka yang paling penting dari bisnis ini adalah source, source ini kita upayakan direct source sampai ke tempat-tempat di mana produk ini ada,” kata Arief saat webinar yang digelar MarkPlus, Jumat (16/10).
Arief mengungkapkan setiap tahun pihaknya harus membantu mempersiapkan kurang lebih 1,2 juta ton bahan pangan masuk ke Jakarta. Apalagi, kata Arief, bahan pangan di Jakarta mayoritas didatangkan dari luar wilayah.
Untuk itu, BUMD pangan di DKI tersebut harus berkolaborasi dengan wilayah lain atau daerah penghasil bahan pangan.
“Di lain sisi kita perlu lagi bahan-bahan pangan ini masuk Jakarta karena Jakarta ini ketergantungannya di atas 95 persen dari daerah sentra produksi,” ungkap Arief.
Tak Punya Sawah dan Petani, 95 Persen Bahan Pangan DKI Bergantung Daerah Lain (14562)
Pedagang beras di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Irfan Adi Saputra
Arief merasa kondisi tersebut tidak bisa dianggap sepele. Ia membayangkan kalau di beberapa wilayah panen seperti beras yang selama ini dikirimkan ke Jakarta berhenti. Maka di ibu kota pasti kesulitan bahan pangan.
ADVERTISEMENT
“Kebayang enggak kalau hari ini kita enggak ada panen, di beberapa tempat enggak ada yang mikirin beras, kita enggak ada yang mikirin pangan untuk Jakarta sudah kita enggak bisa apa-apa untuk yang lain,” ungkap Arief.
“Jangankan untuk sehat, jangankan untuk berbisnis, karena sebenarnya yang nomor satu itu sebenarnya bukan yang lain-lain tapi pangan,” tambahnya.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.