Bisnis
·
2 Mei 2021 3:52

Tank Boat Buatan Banyuwangi Mulai Diuji di Laut, Bisa Bawa 60 Personel

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tank Boat Buatan Banyuwangi Mulai Diuji di Laut, Bisa Bawa 60 Personel (82573)
Tank Boat karya PT Lundin dan Pindad di Banyuwangi. Foto: Facebook/Lembaga Kajian Pertahanan Strategis
PT Pindad (Persero) berkolaborasi dengan PT Lundin Industry Invest, PT LEN Industri (Persero) dan PT Hariff mengembangkan dan memproduksi tank yang khusus dipakai di laut hingga sungai. Bernama Tank Boat, alutsista ini sudah mulai diujicobakan di perairan Banyuwangi, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
"Alutsista terbaru, Tank Boat telah meluncur di perairan Banyuwangi pada rabu, 28 April 2021. Tank Boat akan menjalani tahapan uji internal untuk memeriksa kembali seluruh fungsi kapal di atas air," tulis Pindad dalam akun Instagramnya seperti dikutip kumparan, Minggu (2/5).
Tank Boat sendiri dilengkapi dengan senjata utama RCWS kanon kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12,7 mm. Selain itu, tank 'laut' ini bisa membawa 60 personel dan 5 kru dengan kecepatan maksimum 40 knot dan daya jelajah 600 Nm. Proses pengembangan dan produksi dilakukan di fasilitas milik PT Lundin di Banyuwangi.
"Tank Boat diharapkan dapat mendukung TNI dalam melakukan operasi rawa, laut, sungai dan pantai (Ralasuntai) serta tugas penjagaan laut dan pantai (Sea and Coast Guard)," sambungnya.
ADVERTISEMENT