Bisnis
·
12 Februari 2018 19:27

Taspen Berminat Serap Seluruh Saham Baru Bank Mantap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Taspen Berminat Serap Seluruh Saham Baru Bank Mantap (537045)
PKS Taspen dengan BTN, Mandiri, Realestate. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Tahun ini, Bank Mandiri Taspen (Mantap) berencana mengeluarkan saham baru (rights issue) atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) untuk tambahan modal.
ADVERTISEMENT
Rights issue ini berasal dari dua pemegang saham terbesar, yakni Bank Mandiri dan PT Taspen. Meski demikian, PT Taspen menyatakan kesiapannya untuk membeli keseluruhan rights issue milik Bank Mantap.
"Bank Mantab rights issue Rp 500 miliar. Tentu kami lagi menggoda pemegang saham, kalau mereka tidak berminat kami berminat semua," ungkap Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro di Gedung Taspen, Jakarta, Senin (12/2).
Iqbal berharap rencana tersebut nantinya dapat disetujui oleh semua pemegang saham. Karena selain Taspen dan Bank Mandiri, ada pula pemegang saham perseorangan sebesar 1%.
Bahkan untuk membuktikan keseriusannya, Iqbal mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan dana untuk membeli saham baru tersebut. Menurutnya, realisasi rights issue ini ditargetkan paling lambat pada Mei 2018.
ADVERTISEMENT
"Taspen sendiri tunggu pemegang saham lain tapi kami standby Rp 500 miliar. Kalau tidak ada yang ambil Taspen ambil semua. Tapi belum perubahan pemegang saham ya. Ini ada audit kajian tinggal valuasi harga, KJPP sudah menilai," tutupnya.