Telkom: Persiapan Infrastruktur Internet G20 Bali Capai 99,1 persen, Apa saja?

4 Oktober 2022 12:51
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi Telkom. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Telkom. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) turut mendukung Presidensi Indonesia di G20 ini di Bali dengan menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi. Perusahaan mengatakan, saat ini progres layanan telekomunikasi yang diklaim andal dan kelas dunia itu sudah mencapai 99,1 persen.
ADVERTISEMENT
Direktur Network dan IT Solutions Telkom Herlan Wijanarko menuturkan, infrastruktur dan layanan telekomunikasi sudah disiapkan sejak bulan Juni lalu di 19 kota di Bali.
Demi mensukseskan Presidensi G20 di Bali pada November mendatang, Ia mengaku, Telkom telah menyiapkan beberapa layanan untuk broadband, ASTINet, jaringan 5G serta wifi. Persiapan tersebut dilakukan untuk di ICT Apurva Kempinski, Kawasan Hutan Mangrove Tahura, Garuda Wisnu Kencana dan utilitas Bandara Nusa Dua serta 8 hotel di sekitar event.
"Persiapan kita sudah 99,1 persen," ujar Herlan dalam G20 Updates: Kesiapan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi KTT G20, Selasa (4/10).
Telkom juga telah menyiapkan transportasi dan IT spectrum demi mengkoneksikan jaringan dari Bali ke luar pulau untuk jaringan domestik. Tidak hanya itu, tersedia pula 2 gate internasional untuk internet yang berlokasi di Batam dan Manado.
ADVERTISEMENT
"Jadi saat ini kita punya 2 gateway internet broadband," kata dia.
Menlu Retno Marsudi menyampaikan pidatonya pada Pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 8 Juli 2022. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
zoom-in-whitePerbesar
Menlu Retno Marsudi menyampaikan pidatonya pada Pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 8 Juli 2022. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
Untuk mengamankan secara infrastruktur, Ia menilai, Bali sangat aman, karena Telkom memiliki exit melalui 5 jalur submarine cable. Ada 2 submarine cable ke arah barat untuk Jawa dan 3 submarine cable ke arah timur.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Secara infrastruktur di internal Bali kita sudah amankan. Kita satu dari 3 STO atau triple humming di main venue summit sangat secure, karena ada 3 jalur komunikasi dari 3 STO Telkom," ungkapnya.
Herlan menambahkan, jaringan wifi Telkom sudah menggunakan teknologi terbaru, yaitu wifi 5 dan 5c. Selanjutnya, ada broadband beserta layanan mobile mulai dari 4G dan 5G.

Telkom Targetkan Persiapan Infrastruktur Selesai Bulan Ini

Menurut Herlan, persiapan Telkom untuk Presidensi G20 akan rampung pada minggu kedua Oktober 2022. Nantinya, Telkom akan melakukan pemasangan akses point di beberapa lokasi serta penyiapan beberapa use case 5G.
ADVERTISEMENT
"Ada beberapa yang akan dituntaskan di minggu kedua Oktober adalah pemasangan akses point di beberapa lokasi masih dalam proses, penyiapan beberapa use case 5G disiapkan selama event summit berlangsung," pungkasnya.
Di samping network, lanjutnya, baik metro area bali, backbone secara nasional maupun internasional juga serta akses menuju event Presidensi G20 telah disiapkan dengan baik dan resilience. Untuk itu, Telkom telah memastikan keamanan siber menggunakan next generation firewall dan aktivasi anti-DDoS.
"Ini memproteksi network dari attack terkait cyber security," imbuh Herlan.
Herla mengungkapkan, pihaknya menyediakan posko selama 24/7 di lokasi event dan akan ada 320 orang teknisi yang mengawal selama event itu. "Dilapisi posko lokasi kita ada posko di Surabaya dan kita kawal melalui posko nasional di Jakarta yang disebut telkom integrated operations center di kantor Telkom pusat," tandasnya.
ADVERTISEMENT