kumparan
25 Juni 2019 16:09

Temui Jokowi, Bank Dunia Peringatkan Dampak Perang Dagang

Rodrigo A Chaves-Perwakilan Bank Dunia di Indonesia menemui Presiden Jokowi
Rodrigo A Chaves-Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, menemui Presiden Joko Widodo. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Sejumlah petinggi Bank Dunia di Indonesia menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowidi Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/6). Pertemuan tersebut digelar secara tertutup.
ADVERTISEMENT
Saat pertemuan berakhir, Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo A Chaves, mengatakan mereka membahas melaporkan kinerja yang sudah dilakukan Bank Dunia dalam satu tahun terakhir di Indonesia.
"Kami hanya melaporkan apa yang telah kita lakukan selama tahun fiskal kemarin, pinjaman yang kita kucurkan. Perbincangan yang kami miliki sangat informal," kata Rodrigo.
Terkait kemungkinan pemberian utang baru untuk Indonesia, dia menyatakan "Kita hanya mengulas pinjaman-pinjaman yang sudah diberikan selama satu tahun terakhir."
Dalam kesempatan itu, Rodrigo juga ikut menilai persoalan perang dagang yang ikut memberikan dampak di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Dia menekankan agar ada solusi yang ditawarkan pemerintah Indonesia.
"Kami rasa pemerintah perlu memperhatikan dengan seksama apa yang sedang terjadi di ekonomi global saat ini. Ada awan hitam yang menggelantung karena perang dagang," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Semoga saja negosiasi antara dua negara kuat (AS-Tiongkok) segera terjadi agar dampak perang dagang tak berdampak semakin buruk untuk semua pihak," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan