kumparan
search-gray
Bisnis22 Juni 2020 6:27

Terpopuler: Tiket Kereta Naik 40 Persen hingga Ucapan Ahok untuk Ultah Jokowi

Konten Redaksi kumparan
Terpopuler: Tiket Kereta Naik 40 Persen hingga Ucapan Ahok untuk Ultah Jokowi (969359)
Petugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (12/6). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
PT KAI (Persero) melakukan penyesuaian tiket Kereta Api (KA) jarak jauh. Langkah untuk menaikkan harga tiket itu telah diberlakukan pada 12 Juni 2020.
ADVERTISEMENT
Kenaikan harga tiket ini menjadi berita populer pada Minggu (21/6). Selain itu ada pula berita Ahok yang mengucapkan selamat ulang tahun melalui akun instagramnya, bersama Menteri BUMN Erick Thohir.
Selain itu berita Elon Musk menjual rumah kepada pengusaha game asal China turut meramaikan berita populer kumparanBISNIS kemarin.
Berikut berita populer pada Minggu (21/6).

Harga Tiket Kereta Jarak Jauh Naik hingga 40 Persen, Imbas Penumpang Dibatasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memutuskan untuk melakukan penyesuaian tarif kereta api jarak jauh.
Langkah untuk menaikkan harga tiket itu telah diberlakukan sejak kereta jarak jauh mulai beroperasi kembali pada 12 Juni 2020 lalu.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penyesuaian tarif tiket kereta itu berlaku khusus untuk kereta komersial. Ia menjelaskan, penyesuaian dilakukan atas dasar adanya pembatasan keterisian maksimal yakni 70 persen.
ADVERTISEMENT
"Tiket kereta api komersial jarak jauh menerapkan sistem tarif batas bawah dan tarif batas atas, penyesuaian tarifnya sekitar 30-40 persen," jelas Joni kepada kumparan, Minggu (21/6).
Terpopuler: Tiket Kereta Naik 40 Persen hingga Ucapan Ahok untuk Ultah Jokowi (969360)
Penumpang membayar di loket Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Kebijakan tersebut, ia akui berdampak pada semakin rendahnya keterisian kereta. Dengan okupansi rata-rata per hari hanya 258 penumpang dari total 1.508 kursi yang disediakan.
"Saat ini pantauan kami hingga 20 Juni 2020, keterisian tempat duduk untuk kereta api jarak jauh komersial masih cukup rendah, yaitu sekitar 17 persen," jelasnya.
Sementara itu, untuk kereta api kelas ekonomi atau yang mendapat subsidi public service obligation (PSO), ia memastikan tidak ada penyesuaian tarif.

Lewat Instagram, Ahok dan Erick Thohir Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Jokowi

Presiden Jokowi genap berusia 59 tahun hari ini. Momentum ulang tahun sang presiden itu disambut dengan ucapan selamat dan doa dari para pejabat di lingkaran pemerintahan.
ADVERTISEMENT
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut memberikan ucapan selamat dan doa melalui akun instagram pribadinya.
"Selamat ulang tahun Pak Presiden, selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tulis Ahok, Minggu (21/6).
Sebagaimana diketahui, Ahok pernah mendampingi Jokowi untuk memimpin DKI Jakarta pada tahun 2012. Ia juga sempat digadang-gadang oleh Jokowi sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara.
Ucapan lainnya datang dari Menteri BUMN Erick Thohir. Selain memberikan ucapan selamat dan doa, Erick juga menuliskan gambaran sosok Jokowi di matanya.
"Selamat ulang tahun ke-59 Bapak Presiden Joko Widodo. Sosok yang saya kenal tegas, pekerja keras, dan selalu dekat dengan rakyatnya," tulis Erick Thohir di akun instagram.
ADVERTISEMENT

Jual Rumah ke Pengusaha Game Asal China, Elon Musk Untung Besar

Pendiri yang juga CEO produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk, menjual salah satu rumahnya di kawasan elite Bel Air, Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Mengutip The Wall Street Journal, pembeli rumah Musk adalah pengusaha game asal China, William Ding.
Dari penjualan rumah tersebut, Musk yang juga pendiri dan CEO SpaceX dilaporkan untung besar. Rumah itu dia beli dari Mitchell Julis, salah satu pendiri perusahaan investasi Canyon Capital Advisors pada 2012, seharga USD 17 juta. Kini rumah yang sama laku dijual USD 29 juta.
Hanya dalam waktu delapan tahun, Musk menangguk untung USD 12 juta atau setara Rp 171 miliar (Kurs Rp 14.250).
ADVERTISEMENT
Kepada lebih dari 36 juta followernya di twitter, Elon Musk pada Mei lalu menyatakan ingin menjual semua rumah dan aset properti miliknya. "Saya enggak mau punya rumah," cuitnya kala itu.
Terpopuler: Tiket Kereta Naik 40 Persen hingga Ucapan Ahok untuk Ultah Jokowi (969361)
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Foto: Lucy Nicholson/Reuters
Musk ditengarai memiliki sejumlah rumah di California. Wall Street Journal melaporkan pada tahun lalu Musk ataupun perusahaan yang terkait dengannya, membelanjakan sekitar USD 100 juta untuk tujuh properti di sana.
Sementara itu William Ding yang membeli rumah Musk di Los Angeles, dikenal sebagai miliarder asal China. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 25 miliar. Dia merupakan pengusaha yang juga pendiri sekaligus CEO NetEase. Belakangan, Ding banyak memburu aset-aset properti dan rumah ke mancanegara, termasuk ke Zimbabwe.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white