kumparan
18 April 2019 19:06

Terungkap, Trump Sempat Akan Tunjuk Putrinya jadi Presiden Bank Dunia

World Bank
World Bank Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terungkap sempat akan menunjuk putrinya yakni Ivanka Trump sebagai Presiden Bank Dunia. Tapi tawaran itu ditolak Ivanka, sehingga akhirnya Trump memilih David Malpass.
ADVERTISEMENT
Ivanka Trump mengonfirmasi penolakan dirinya, atas tawaran sang ayah untuk menjadi Presiden Bank Dunia. Sebelumnya dalam wawancara dengan Majalah The Atlantic, Trump mengakui telah menanyakan minat putrinya untuk menjadi pejabat paling senior di Bank Dunia.
"Karena dia sangat baik dalam hal angka," kata Trump dalam wawancara itu.
“Saya sudah senang dengan pekerjaan sekarang,” kata Ivanka kepada Associated Press, di sela kunjungannya ke Pantai Gading. Saat ini, Ivanka menjabat sebagai penasihat Gedung Putih.
Dia menambahkan, akhirnya dimintai pendapat oleh Donald Trump untuk menunjuk sosok Presiden Bank Dunia, hingga akhirnya David Malpass terpilih untuk mengisi jabatan itu. “Malpass akan melakukan pekerjaan yang luar biasa,” kata Ivanka.
Trump dan Ivanka
Trump dan Ivanka di Gedung Putih Foto: AP Photo/Evan Vucci
Jabatan orang nomor satu di Bank Dunia kosong, setelah ditinggalkan Jim Yong Kim yang mengundurkan diri, karena memilih berkarier di swasta. Sesuai konsensus, Presiden AS berhak menunjuk Presiden Bank Dunia. Sementara orang nomor satu di Dana Moneter Internasional atau IMF, menjadi hak Uni Eropa untuk menunjuknya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu ditanya Associated Press, apakah Ivanka pernah ditawari pekerjaan penting lainnya oleh sang ayah, dia berkilah “Menjaga hal itu di antara mereka berdua.”
Sebelumnya Trump mengakui, pernah memproyeksikan Ivanka untuk sejumlah jabatan. Di antaranya adalah duta besar AS untuk PBB, karena Trump yakin dengan kemampuan diplomasi putrinya itu.
David Malpass, Bank Dunia
Presiden Grup Bank Dunia, David Malpass. Foto: Reuters/Jim Young
Tapi keinginan Donald Trump itu juga ditolak Ivanka, untuk menghindari tudingan nepotisme. "Mereka akan mengatakan nepotisme, padahal itu tidak ada hubungannya dengan nepotisme."
Ivanka saat ini sedang melakukan serangkaian kunjungan ke negara-negara di Afrika, untuk mempromosikan Pembangunan Global dan Kemakmuran untuk Perempuan atau Women's Global Development and Prosperity (W-GDP).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan