image1.png
27 Oktober 2020 15:36

Tingkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis, Blibli Punya Program Pemberdayaan Seller

Tingkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis, Blibli Punya Program Pemberdayaan Seller (38974)
Sebagai e-commerce lokal Indonesia, Blibli memudahkan proses pendaftaran toko online agar para pelaku bisnis dapat melakukan penyesuaian dengan cepat. Foto: kumparan
Situasi pandemi mengubah banyak hal, tak terkecuali pola belanja konsumen. Guna menghindari interaksi fisik, masyarakat cenderung melakukan transaksi secara online.
Bank Indonesia (BI) mencatat aktivitas belanja online melalui aplikasi atau e-commerce pada kuartal II 2020 mencapai 383 juta transaksi. BI memperkirakan aktivitas ini akan meningkat ke depannya seiring dengan prospek pemulihan ekonomi dan perkembangan positif berbagai inovasi pada aktivitas ekonomi dan keuangan digital.
Sayangnya, dari 64,2 juta pelaku UMKM yang tercatat di Kementerian Koperasi, baru 8,3 juta UMKM saja yang sudah memanfaatkan platform digital dalam mengembangkan bisnisnya. Padahal menurut BAPPENAS, UMKM memiliki kontribusi besar dalam menjalankan kegiatan ekonomi produktif, terutama saat pandemi.
Oleh sebab itu, diperlukan dukungan berbagai pihak untuk mendorong modernisasi pelaku bisnis, tak hanya untuk membuat bisnisnya bertahan selama pandemi, tapi juga mendukung pemulihan ekonomi RI.
Melihat hal tersebut, Blibli aktif untuk mendorong digitalisasi UMKM serta melakukan pemberdayaan para mitra seller lainnya melalui semangat #AyoBersama. Blibli mengajak masyarakat untuk #AyoBersama mengembangkan bisnis online secara instan di platform Blibli.
Melalui ajakan tersebut, beberapa seller Blibli mulai melakukan integrasi toko online dan offline. Strategi ini dapat meningkatkan tawaran unik bagi konsumen. Konsumen dapat melakukan pencarian produk secara online kemudian melakukan pengambilan produk di toko offline maupun sebaliknya.
Sebagai e-commerce asli buatan Indonesia, Blibli memahami bahwa diperlukan penyesuaian dalam memulai bisnis online. Karenanya, para pelaku bisnis bisa mendaftarkan toko dengan proses registrasi yang mudah. Setelah melengkapi data utama, toko bisa langsung aktif dan para pelaku bisnis dapat memulai berjualan online.
Saat menjalankan bisnis di Blibli, para seller dapat mengunggah foto produk dan melengkapi deskripsi secara instan. Uniknya, pada platform Blibli seller center, pelaku bisnis dapat mengamati berbagai produk yang saat ini sedang tren di kalangan konsumen.
Tak hanya itu, seller juga bisa menggunakan program bebas ongkos kirim yang telah disediakan Blibli. Dibandingkan dengan platform e-commerce lain, Blibli mempunyai nilai subsidi ongkir terbesar. Hal ini tentu bisa meningkatkan penjualan para seller —mengingat biaya ongkir jadi pertimbangan besar konsumen saat belanja online.

Fitur Blibli dongkrak penjualan produk

Tingkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis, Blibli Punya Program Pemberdayaan Seller (38975)
Fitur untuk para seller Blibli. Foto: kumparan
Selain memudahkan para seller dalam mendaftarkan tokonya, Blibli juga menyediakan berbagai fitur untuk mempercepat proses jual beli. Misalnya Fulfillment by Blibli (FBB) untuk para seller yang menjual produk kebutuhan sehari-hari.
Melalui FBB, para seller dapat memiliki fasilitas gratis titip barang di gudang, sehingga seluruh proses penjualan akan ditangani dengan baik oleh tim Blibli. Selain itu, fasilitas ini juga membantu seller untuk memenuhi pesanannya secara otomatis karena respon pesanan dan pengiriman seluruhnya akan dilakukan oleh Blibli.
Seller yang bergabung dengan Blibli juga dapat memanfaatkan fitur click & collect. Fitur ini memberikan pilihan bagi konsumen untuk pengiriman produk melalui jasa kurir atau mengambil produk langsung di toko. Itu artinya, konsumen dapat langsung mendapatkan barangnya tanpa harus menunggu lama.
Blibli menyadari, diperlukan edukasi yang berkelanjutan dalam mengembangkan bisnis secara online. Karenanya, Blibli secara rutin menjalankan berbagai webinar yang bisa diikuti para seller.
Keuntungan lainnya Blibli secara berkala mengadakan berbagai campaign belanja online bagi para pelanggan setianya. Program promosi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seller untuk meningkatkan traffic ke toko serta mendongkrak penjualan.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Blibli