cover.jpg
27 November 2020 17:15

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat (95296)
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Selama pandemi, semua kegiatan sebaiknya dilakukan di rumah aja demi meminimalisir penularan virus corona. Mulai dari bekerja, sekolah, bahkan berbelanja. Ya, adanya pandemi membuat banyak orang yang memilih berbelanja keperluan sehari-hari secara online dari rumah.
Selain lebih praktis dan dapat menghemat waktu karena kita bisa langsung memilih barang melalui aplikasi, kita juga bisa mengurangi pengeluaran karena terdapat gratis biaya kirim sesuai ketentuan e-commerce pilihanmu. Setelah melakukan transaksi, kita hanya tinggal menunggu barang yang kita beli sampai ke rumah sambil tetap melakukan aktivitas lainnya.
Tapi di sisi lain, belanja online kerap kali memengaruhi pengeluaran bulanan karena tergiur promo. Padahal di saat seperti ini, kita tentu harus lebih cerdik merencanakan pengeluaran. Sebab, kita tidak tahu kapan situasi akan kembali normal.
Untuk itu, kita perlu melakukan perencanaan matang agar bisa tetap hemat meski kerap berbelanja online. Bagaimana caranya? Yuk, simak empat kiat berbelanja hemat secara online di bawah ini.

1. Buat daftar prioritas

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat (95297)
Membuat daftar prioritas menghindari pengeluaran berlebih. Foto: Shutterstock
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas kebutuhan. Tidak perlu bingung, Anda bisa membuat rincian biaya dari tiap komponen kebutuhan yang akan dibeli. Setelah itu, urutkan barang dari yang paling dibutuhkan saat ini.
Jangan lupa membuat daftar prioritas guna menghindari pengeluaran berlebih. Dengan membuat daftar prioritas, Anda jadi lebih mudah untuk mengingat pengeluaran sekaligus menghindari hasrat membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

2. Cari diskon, promo, dan cashback

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat (95298)
Cari diskon di momen-momen tertentu, Harbolnas misalnya. Foto: Shutterstock
Tak sedikit e-commerce yang sering menawarkan promo diskon hingga cashback yang bisa Anda pakai di momen-momen tertentu. Untuk itu, jangan segan manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Selain bisa mendapatkan barang impian dengan harga miring, pengeluaran bulanan juga bisa lebih ditekan, bukan?

3. Riset barang dengan harga terbaik

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat (95299)
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Sebelum belanja, jangan segan untuk bandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Ya, cara ini memang menjadi salah satu kelebihan belanja online karena kita bisa dengan mudah melihat dan membandingkan harga produk antar penjual di tiap lapak yang berbeda.
Dengan sering melakukan observasi harga produk, Anda bisa lebih hemat karena bisa mendapatkan barang dengan harga yang terbaik tapi tetap terjamin kualitasnya.

4. Manfaatkan fitur Berlangganan e-commerce

Tips dan Trik Belanja Bulanan Makin Hemat (95300)
Fitur Langganan dari Blibli dapat menjadi solusi masyarakat yang ingin belanja dengan aman namun tetap terjangkau. Foto: Shutterstock
E-commerce lokal terdepan, Blibli memiliki fitur “Langganan”. Fitur Langganan dapat menjadi solusi masyarakat yang ingin belanja dengan aman namun tetap terjangkau. Hal ini didukung berdasarkan survei Understanding Life and Trends in Indonesia, Kantar, bahwa lebih dari 60 persen responden bersedia mencoba metode belanja baru demi mendapatkan harga yang paling terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Uniknya, fitur yang membuat belanja kebutuhan sehari-hari secara online makin cepat, mudah, dan hemat ini dapat disesuaikan dengan prioritas kebutuhan Anda di tengah kondisi pandemi. Fitur Langganan Blibli menawarkan 2 tipe berlangganan. Pertama adalah tipe langganan harga tetap, di mana kamu akan dikenakan harga yang sama walaupun terjadi perubahan selama periode berlangganan. Kedua adalah langganan diskon tetap, di mana kamu akan dikenakan persen diskon yang sama walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan.
Tak berhenti di situ, selama periode perkenalan, Blibli akan memberikan cashback khusus untuk Anda yang menggunakan fitur Langganan. Menariknya lagi, semakin banyak produk yang dimasukkan dalam fitur Langganan, akan semakin besar pula penghematan yang kamu lakukan.
Berbagai keuntungan dan kemudahan ini merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Tertarik menikmati fitur Langganan? Yuk ikuti langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke aplikasi Blibli
  2. Pilih “BlibliMart”, lalu pilih tab ”Langganan”
  3. Pilih produk Langganan yang diinginkan
  4. Atur frekuensi paket langganan (bulanan atau mingguan) hingga maksimal 12 bulan atau 54 minggu ke depan, serta jumlah produk yang diperlukan
  5. Lakukan check out dan pilih sistem pembayaran. Di fase peluncuran fitur Langganan, Blibli menyediakan opsi auto-debet melalui kartu debit dan kartu kredit. Kedepannya opsi pembayaran akan semakin diperluas dengan pilihan lain.
  6. Pendebetan dilakukan maksimal 4 hari sebelum pengiriman
  7. Paket akan diterima maksimal 4 hari setelah pembayaran, tergantung lokasi dari pelanggan
  8. Pelanggan dapat memodifikasi paket langganan jika diperlukan (sesuai syarat dan ketentuan yang sudah tertera)
Peluncuran fitur Langganan ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100 persen produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care #KarenaKamuNo1.
Jadi tunggu apalagi? Yuk daftarkan diri Anda dan jadi Langganan di Blibli! Anda bisa klik di sini untuk informasi lebih lengkap.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Blibli